KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK DICOGLOSS

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK DICOGLOSS

Keunggulan Teknik Dictogloss

Teknik dicogloss dapat menjadi jalan yang bermanfaat di antara menyimak dengan bottom up dan top down. Sebuah permasalahan umum, seorang siswa bermasalah dengan upaya mengenal aspek-aspek indivedualisme di dalam wacana (penerapan strategi bottom up). Akan tetapi, ketika suatu diskusi berlangsung dalam grup kecil, beberapa atau seluruh strategi top down bisa diterapkan pula. Dalam strategi ini, seorang siswa akan melakukan integrasi akan wawasan dalam otak, Berikut ini adalah manfaat dari teknik dicogloss.
  1. melakukan pembuatan prediksi
  2. melakukan pembeatan inferensi atas yang tidak terdapat dalam wacana
  3. melakukan pengenalan akan tema/topik wacana
  4. melakukan pengenalan aneka wacan/tultsan (seperti narasi, dskripsi, anekdot, dan masih banyak lagi)
  5. melakukan pengenalan akan keterkaitan semantis dalam wacana
Dengan begitu, teknik ini bisa mempergunakan prinsip yakni, dua kepala akan lebih baik dibandingkan dengan satu kepala. Siswa bisa melakukan pengumpulan dan pemanfaatan dalam sumber hingga siswa yang termasuk tingkatan rendah pun bisa.

Berkat adanya kerja sama itu, siswa menjadi dapat melakukan suatu hal lebuh dari kemampuan/keterampilan mereka sebelumnya. Termasuk pengajaran menyimak, teknik ini tidak mesti menyeluruh dalam waktu untuk bertatap muka. Dia dapat melakukan integrasi dalam pembelajaran apa saja. Suatu tingkatan pemanasan ialah langkah yang paling tepat dan sesuai yang bisa menyiapkan cukupnya suatu kesempatan siswa dalam kegiatan menyimak itu. Mengapa? karena, pada tahapan tersebut, kita membuat siswa mnjadi terbiasa dengan bahasa


Kelemahan Teknik Dictogloss

Aristo pada tahun 2003 dalam tulisan yang diterbitkan oleh depdiknas mengungkapkan kekurangan dari media berupa rekaman. Kekurangannya adalah sebagai berikut ini.
  1. memiliki daya jangkauan yang terbatas dan tidak bisa diperdengarkan secara besar-besaran (masal)
  2. ketika sasaran pendengar/penyimaknya hanya segelintir/sekali dipergunakan saja, bisa dibilang pengeluarannya menjadi terbilang mahaladanya kecenderungan verbalisme, hal itu disebabkan akan
  3. adanya info yang disampaikan lewat suara, dengan begitu adanya kesulitan penyajian bahan ajar yang amat teknis sifatnya, praktiks, maupun eksak.
Tiada suatu teknik yang benar-benar sempurna. Dimana ada kelebihan maka ada kekurangan. kekurangan dari teknik dicogloss adalah di bawah ini.
  1. kekurangan akan diadakannya media (dalam teknik ini, perlu media yang baik, benar, dan tepat)
  2. kekurangan akan waktu yang disediakan (dalam teknik ini, umumnya, perlu waktu yang relatif lama)


EmoticonEmoticon