APA ITU METODE PEMBELAJARAN?





 

Metode pembelajaran bahasa ialah rencana pembelajaran bahasa, yang mencakup pernilihan. penentuan, dan penyusunan secara sisternatis bahan yang akan diajarkan, serta kernungkinan pengadaan rernedi dan bagairnana pengembangannya. Pernilihan. penentuan, dan penyusunan bahan ajar secara sistematis dimaksudkan agar bahan ajar tersebut mudah diserap dan dikuasai oleh siswa.

Semuanya itu didasarkan pada pendekatan yang dianut. Melihat hal itu. jelas bahwa suatu metode ditentukan berdasarkan pendekatan yang dianut; dengan kata lain pendekatan merupakan dasar penentu metode yang digunakan. Metode mencakup pemilihan dan penentuan bahan ajar, penyusunan serta kemungkinan mengadakan remidi dan pengembangan bahan ajar.

Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di antaranya adalah: metode tata bahasa/terjemahan, metode membaca, metode audiolingual, metode reseptif/produktif, metode langsung, metode komunikatif, metode integratif, metode tematik, metode kuantum, metode konstruktivistik, metode partisipatoris, metode kontekstual.


EmoticonEmoticon