MOTIVASI AGAR SERIUS BELAJAR

Baik belajar di rumah maupun belajar di kelas adalah dua hal yang penting untuk seorang siswa. Tak jarang rasa malas menggerogoti kita saat sedang belajar. Akibatnya, konsentrasi terpecah dan memilih melakukan hal lain, seperti memainkan hp. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk kamu agar bisa konsentrasi dalam belajar.



1. Niat Kuat

sumber gambar: http://sinauwerno-werno.blogspot.com

Di kala tekad sudah bulat, maka akan lebih mudah menjalaninya karena itu dari hati kamu. Saat kondisi terburuk pun kamu bisa tetap optimis dan semangat dalam meraih cita-cita. Teman saya, sebut saya Rita, dia IPK nya terjun bebas setelah mengalami masalah-masalah dalam percintaan. Niat kamu yang kokoh tentunya akan sangan membantu kamu dalam kondisi galau sekalipun.



2. "Oh, Tuhan, Betapa Beruntungnya Aku!"

sumber gambar: http://bacaunik.blogspot.com

Ya, memang kamu itu beruntung. Seringkali saya melihat acara orang pinggriran di tran tv. Kok ada orang yang kurang beruntung seperti itu ya? Nah, di sini, kamu memang mesti menumbuhkan rasa syukur yang begitu besar pada-Nya. Lakukan yang terbaik dengan kesempatan yang diberikan Tuhan, kamu pun bersekolah dengan baik, sebaik-baiknya. Di luar sana banyak yang tak bisa bersekolah dan mereka rela melakukan apapun agar mereka bisa bersekolah. Sementara kamu?



3. Orang Tua Begitu Berjasa

http://www.akhbarislam.com

Orang tua tentu tidak dengan gratis menghidupi kita. Mereka ingin kita menjadi pribadi yang sukses dan maju. Setiap hari, ibu mendoakan supaya kita menjadi orang yang berhasil. Sementara itu, ayah selalu mencari uang untuk menyekolahkan kamu. Apa iya kamu tega menyia-yiakan pengorbanan mereka?



4. Mengejar Cita-cita

sumber gambar: http://bacaunik.blogspot.com

Tak ada salahnya bercira-cita tinggi. Tak ada yang melarang tetapi ada baiknya kamu bukan cuma sekedar bercita-cita, semuanya membutuhkan rencana. Buatlah rencana yang baik dan tersusun rapi. Misalnya kamu bercita-cita menjadi arsitek. Ungkapkan kepada orangtua sejak awal agar mereka bisa mendukungmu dan tidak kaget dengan sejumlah biaya yang mesti dikeluarkan. Buat jadwal belajar yang baik, jadwal ke perpustakaan, atau mencari komunitas yang mendukung minat dan bakat kamu bisa berkembang.



5. Miliki Rencana Cadangan

sumber gambar: http://media2give.blogspot.com

Tidak ada hal yang bisa dijamin hasilnya akan berhasil 100%. Ketika kamu sudah membuka akan satu tujuan, siapkan juga tujuan alternatif lain supaya nanti kamu  tidak hilang arah. Ingat, tertutup satu pintu, artinya seribu pintu lain terbuka. Jangan menyerah, tetap ulet dimanapun kamu berada. Jangan cuma mengikuti arus semata, buatlah arus yang baik untuk hidup kamu sendiri.



6. Jangan Mencontek

sumber gambar: http://fenymey.wordpress.com

Oh, tidak! Ternyata hal yang satu ini masih membudaya di sekolah. Tanpa malu dan merasa bersalah, seorang siswa mencontek saat ujian. Bukan mencontek karena tak percaya diri dengan jawaban tetapi karena tidak belajar. Ini akan mendidik kamu menjadi pemalas dan pemalak, hidup di atas keringan orang lain. Janganlah biasakan diri untuk mencontek maupun memberi contekan karena itu tak ada manfaatnya sama sekali. Hanya membuat kamu memiliki nilai palsu.
loading...


EmoticonEmoticon