CARA AGAR DISAYANGI GURU ATAU DOSEN

Saat menjadi seorang murid, jujur saya adalah pribadi yang pasif. Saya agak bete juga sih saat ada murid yang diperhatikan gara-gara dia aktif. Padahal, kadang-kadang, si teman saya itu aktifnya tidak jelas. Sering bertanya hal yang mudah atau bertele-tele, belum tentu berbobot. Bahkan kasarnya menurut saya pertanyaannya kurang cerdas. 

Sampai pada akhirnya pemikiran saya pun berubah ketika saya PPL.

Saya PPL di salah satu sekolah di Bandung, SMA swasta berakreditasi A.

Ternyata, di benak saya, muncul semacam perhatian pada siswa yang ramah dan aktif bertanya meskipun mereka bisa dibilang bukan paling pintar di kelas atau pertanyaan mereka biasa saja.

Di bawah ini adalah cara supaya kalian diperhatikan oleh pengajar (baik guru maupun dosen di kelas).

sumber gambar: ustazahsitikhadijah.blogspot.com
1. Selalu Tepat Waktu

Jadilah pribadi yang selalu tepat waktu saat datang ke kelas. Begitu pun keluar kelas. Jangan masuk terlambat dan suka keluar sebelum pengajar keluar. Ingat, mungkin suatu saat ketika rata-rata nilai kamu itu tidak mencapai KKM (walau sudah di remedial) barangkali sang guru bakalan ingat kalau kamu selalu tepat waktu dalam kedatangan maupun mengerjakan tugas. Sehingga nilai kamu pun ditambahi agar sampai KKM. Yah, meskipun itu sekedar nilai kasih sayang, tetapi jadi pribadi yang disiplin tidak ada ruginya bukan?


2. Sopan

Selalu sopan dimana pun kalian bertemu dengan guru atau dosen. Sekalipun di kelas. Salam aja pas ketemu. Kalau perlu tegur dengan sopan sambil bilang: "Pak/Bu, masih ingat saya nggak? Ini lho, saya Dya.. blabla bla" pokoknya sampai dia ingat kamu, hehe. Selalu berpakaian yang sopan pula di kelas. Jangan sengaja mencari-cari permasalahan dengan memakai atribut yang kurang lengkap, rambut yang lebay tidak sesuai atran, hingga tatoan. Jangan, deh, jangan. Kecuali kalau kamu ingin dicap berandalan.

Apapun yang hendak kamu lakukan selama jam pelajaran, kamu harus meminta izin pada guru. Bila ke toilet pun harus meminta izin dengan sopan.


3. Aktif 

Kalau ada hal yang kamu kurang mengerti, bagusnya kamu tanyakan saja, jangan segan-segan. Selain bermanfaat untuk pengetahuan kamu, itu juga bermanfaat untuk wawasan teman-teman kamu yang barangkali belum tahu atau punya pertanyaan yang sama dengan kamu. Jika ada kesempatan kamu untuk berpendapat kemukakan saja. Jangan lupa meski aktif harus ingat poin kedua, sopan.


4. Rajin

Jangan mencap diri kamu itu bodoh atau oon lantas kamu jadi pemalas. Ingat ya, sukses itu 99% usaha dan 1% bakat. Jadi, meskipun kamu lola (loading lama) alias dikenal lemot di kelas... Kamu bisa kok lebih sukses dari mereka yang jenius asalkan kamu kerja keras. Ingat, sebenarnya guru.pengajar itu perhatian lho sama kita, beliau bakalan tahu mana siswa yang rajin dan nggak niat sekolah.


5. Fokus ketika Jam Pelajaran

Fokuslah saat belajar. Perhatikan setiap ucapan dari pengajar. Nasihat-nasihat dari pengajar juga kamu dengarkan, itu akan berguna bagi kebaikan kamu. Jangan melakukan hal-hal ini saat pembelajaran di kelas.
  • main hp baik itu game atau online atau SMS-an apalagi telponan
  • ngobrol sama teman apalagi sambil tertawa-tawa
  • tidur di kelas
  • menyanyi-nyanyi
  • main-main
  • dan sebagainya
Hargailah guru/dosen. hargailah pelaksanaan profesi dan kewajiban mereka sebagaimana seorang murid yang baik.

6. Berusaha yang Terbaik
Apapun yang terjadi, selalu berusaha yang terbaik. Jangan mengutamakan caper, usahakan tetap usaha. Misalnya, sebelum ujian/ulangan kamu belajar sebaik-baiknya. Ingat, jangan menyontek. Saat ulangan jadilah pribadi yang jujur. Pengajar tidak menyukai pribadi yang curang. Sekali beliau melihat kamu curang, kemungkinan dia aka terus-terusan tidak percaya saat kamu mendapatkan nilai bagus dengan jujur. Pada masa kuliah maupun sekolah, tak jarang pengajar yang mengeluarkan muridnya gara-gara menyontek. Bahkan dosen saya ada yang tegas menyuruh teman keluar dengan intonasi tinggi karena tertangkap basah menyontek saat ujian semester. Dia memaparkan barang siapa yang menyontek bakal ngulang tahun depan. Seram kan?

So, lakukan yang terbaik dan jadilah pribadi yang jujur dimana pun kamu berada.


loading...


EmoticonEmoticon