a.
Retelling Stony
1) Guru menyiapkan bahan bacaan.
2) Salah satu siswa membaca dengan membaca nyaring.
3) Siswa menyimak dengan seksama.
4) Siswa ditugasi untuk menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri.
b. Bisik Berantai
1) Guru membisikkan suatu pesan kepada seorang siswa.
2) Siswa tersebut membisikkan pesan itu kepada siswa kedua.
3) Siswa kedua membisikkan pesan itu kepada siswa ketiga. Begitu seterusnya.
4) Siswa terakhir menyebutkan pesan itu dengan suara jelas di depan kelas.
5) Guru memeriksa apakah pesan itu benar-benar sarnpai pada siswa terakhir atau
tidak.
c. Model Menvimak secara Langsung/DLA (Direct Listening Activities)
Guru mengemukakan tujuan pembelajaran, membacakan judul teks simakan, bertanya
jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan judul bahan simakan
sebagai upaya untuk pembangkitan unsur siswa. Selanjutnya guru mengernukakan
hal-hal pokok yang perlu dipahami siswa dalam menyimak.
d. Identifikasi Kata Kunci
1) Setiap kalimat. paragraf, ataupun wacana selalu memiliki
sejumlah kata yang dapat
mengungkapkan isi keseluruhan kalimat, paragraf atau wacana. Kata-kata yang
dapat mewakili isi keseluruhan ini disebut kata kunci "key word'.
2) Menyirnak isi kalimat yang panjang atau paragraf dan wacana
pendek-pendek tidak perlu menangkap sernua kata-katanya. Cukup diingat beberapa
kata kunci yang merupakan inti pernbicaraan. Melalui perakitan kata kunci
menjadi kalimat- kalimat utuh sampai isi singkat bahan simakan.
3) Guru : Dengarkan baik-baik! Cari kata kunci kalimat
berikut.
4) Manusia, baik yang primitif maupun yang modern. selalu
cenderung hidup berkelompok.
5) Siswa: Menyimak. Menentukan kata kunci. Manusia hidup
berkelompok
e. Memperluas Kalimat
1) Guru menyebutkan sebuah kalimat. Siswa mengucapkan
kembali kalimat tersebut. Kembali guru mengulangi mengucapkan kalimat tadi.
Kemudian guru mengucapkan kata atau kelompok kata lain. Siswa melengkapi
kalimat tadi dengan kelompok kata yang disebutkan terakhir oleh guru. Hasilnya
adalah kalimat yang diperluas.
2) Lanjutan
f. Menvelesaikan Cerita
1). Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan
3-4 orang. Guru mernanggil anggota kelompok pertama. misalnya kelompok 1. maju
ke depan kelas. Yang bersangkutan disuruh bercerita, judul bebas kadanb kadang
juga diitentukan oleh guru. Setelah yang bersangkutan bercerita, misalnya baru
seperempat bagian is dipersilahkan guru untuk duduk.
2) Cerita tersebut dilanjutkan oleh anggota kedua. Anggota
ketiga maju melanjutkan cerita itu. Bagian terakhir cerita diselesaikan oleh
anggota keempat. Kelas boleh juga tidak dikelompokkan. Semua siswa harus
slap dipanggil untuk bercerita.Sementara yang belum tampil ke depan harus
menyimak benar-benarjalan cerita.Cara ini mernbuat kelas serius menyimak cerita
yang sedang dituturkan.
3) Guru: Sekarang bunda punya suatu cerita. Tapi judulnya belum ada? Masih
dicari/belum diberi judul. Cerita ini akan disusun oleh empat
orang siswa. Bagian demi bagian akan ditampilkan di depan kelas.
Anak-anak harus bersiap bercerita dan menvinak cerita. Mari kita mulai, Udin
silakan ke depan kelas!
4) Udin : Nilai mata pelaharan matematika saya 8. Saya belajar hampir
setiap saat.Saya tak ingin nilai saya turun.
5) Guru: Bagus. Udin. silahkan duduk. Cerita akan dilanjutkan oleh Anggi.
6) Guru: Anggi lanjtkan cerita Udin tadi.
7) Anggi: Ya dari pada menyesal saat ujian karena tidak bisa nggarap,
lebih baik sekarang meniru Udin yang rajin belajar.
8) Guru: Bagus. bagus! Anggi boleh duduk. Cerita akan dilanjutkan oleh
Elma (dan seterusnya sampai guru menghentikan cerita itu. dan siswa diminta
menentukan judulnya.
Home
jenis-jenis model pembelajaran menyimak
kumpulan model pembelajaran menyimak
macam-macam metode pembelajaran menyimak
menyimak
model-model pembelajaran menyimak
pembelajaran
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MENYIMAK
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MENYIMAK
Artikel Terkait
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon