Karena
faktor lingkungan sangat berperan dalam perkembangan semantik, maka pada umur
6-9 bulan anak telah mengenal orang atau benda yang berada di sekitarnya.
Leksikal dan pemerolehan konsep berkembang pesat pada masa prasekolah. Terdapat
indikasi bahwa anak dengan kosa kata lebih banyak akan lebih popular di
kalangan teman-temannya. Diperkirakan terjadi penambahan lima kata perhari di
usia 1,5 sampai 6 tahun. Pemahaman kata bertambah tanpa pengajaran langsung
orang dewasa. Terjadi strategi pemetaan yang cepat diusia ini sehingga anak
dapat menghubungkan suatu kata dengan rujukannya. Pemetaan yang cepat adalah
langkah awal dalam proses pemerolehan leksikal. Selanjutnya secara bertahap
anak akan mengartikan lagi informasi-informasi baru yang diterima. Definisi
kata benda anak usia pra sekolah meliputi properti fisik seperti bentuk, ukuran
dan warna, properti fungsi, properti pemakaian, dan lokasi. Definisi kata kerja
anak prasekolah juga berbeda dari kata kerja orang dewasa atau anak yang lebih
besar.
EmoticonEmoticon