Perkembangan
pemerolehan bahasa anak dapat dibagi atas tiga bagian penting yaitu (a)
perkembangan prasekolah, (b)
perkembangan ujaran kombinatori, dan (c) perkembangan masa sekolah.
Perkembangan pemerolehan bahasa pertama anak pada masa prasekolah dapat dibagi
lagi atas perkembangan pralinguistik, tahap satu kata dan ujaran kombinasi
permulaan.
Perkembangan
pralinguistik ditandai oleh adanya pertukaran giliran antara orang tua
khususnya ibu dengan anak. Pada masa perkembangan pralinguistik anak
mengembangkan konsep dirinya. Ia berusaha membedakan dirinya dengan subjek,
dirinya dengan orang lain serta hubungan dengan objek dan tindakan pada tahap
satu kata anak terus-menerus berupaya mengumpulkan nama benda-benda dan orang
yang ia jumpai. Kata-kata yang pertama diperolehnya tahap ini lazimnya adalah
kata yang menyatakan perbuatan, kata sosialisasi, kata yang menyatakan tempat,
dan kata yang menyatakan pemerian.
EmoticonEmoticon