INSTRUMEN PENELITIAN



Instrumen penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut.
a.       RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia difokuskan pada peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi ssiwa.. Keterampilan menulis dapat dilakukan melalui pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan. Untuk merealisasikan kegiatan belajar mengajar dengan baik maka peneliti merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan sebaik-baiknya.
b.      Wawancara
Wawancara adalah metode pengumpulan data yang menghendaki adanya komunikasi langsung antara peneliti dengan responden, biasanya dalam wawancara dan berpijak pada tujuan penelitian (Rianto, 1996:67). Wawancara digunakan untuk mengetahui latar belakang siswa, perhatian, sikap terhadap sesuatu dan lain-lain
c.       Jurnal Siswa
Catatan siswa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah catatan pendapat siswa di setiap tindakan/akhir pertemuan terhadap proses pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan pemanfaatan artikel opini surat kabar sebagai bahan ajarnya. Catatan siswa tersebut kemudian digunakan oleh peneliti sebagai salah satu alat untuk menilai tingkat keberhasilan tindakan yang dilakukan.
d.      Observasi
Observasi merupakan alat pengumpul data yang banyak digunakan untuk mengukur tingkah laku individu atau proses terjadinya suatu kegiatan yang dapat diamati, baik dalam situasi sebenarnya maupun situasi buatan (Nana Sudjana dan Ibrahim, 2001: 109). Menurut Rianto (1996: 77) observasi adalah teknik pengamatan terhadap objek atau situasi secara terus menerus, baik secara langsung maupun tidak langsung. Melalui observasi diharapkan akan diperoleh informasi mengenai gambaran pembelajaran yang berlangsung, seperti suasana kelas, pola interaksi, aktivitas siswa dan guru serta kejadian-kejadian lain yang dianggap penting.


EmoticonEmoticon