Instrumen penelitian
yang digunakan penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut.
a. RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia difokuskan pada
peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi ssiwa.. Keterampilan
menulis dapat dilakukan melalui pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan. Untuk
merealisasikan kegiatan belajar mengajar dengan baik maka peneliti merumuskan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan sebaik-baiknya.
b. Wawancara
Wawancara
adalah metode pengumpulan data yang menghendaki adanya komunikasi langsung
antara peneliti dengan responden, biasanya dalam wawancara dan berpijak pada
tujuan penelitian (Rianto, 1996:67). Wawancara digunakan untuk mengetahui latar
belakang siswa, perhatian, sikap terhadap sesuatu dan lain-lain
c. Jurnal
Siswa
Catatan
siswa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah catatan pendapat siswa di setiap
tindakan/akhir pertemuan terhadap proses pembelajaran menulis karangan
argumentasi dengan pemanfaatan artikel opini surat kabar sebagai bahan ajarnya.
Catatan siswa tersebut kemudian digunakan oleh peneliti sebagai salah satu alat
untuk menilai tingkat keberhasilan tindakan yang dilakukan.
d. Observasi
Observasi
merupakan alat pengumpul data yang banyak digunakan untuk mengukur tingkah laku
individu atau proses terjadinya suatu kegiatan yang dapat diamati, baik dalam
situasi sebenarnya maupun situasi buatan (Nana Sudjana dan Ibrahim, 2001: 109).
Menurut Rianto (1996: 77) observasi adalah teknik pengamatan terhadap objek
atau situasi secara terus menerus, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Melalui observasi diharapkan akan diperoleh informasi mengenai gambaran
pembelajaran yang berlangsung, seperti suasana kelas, pola interaksi, aktivitas
siswa dan guru serta kejadian-kejadian lain yang dianggap penting.
EmoticonEmoticon