Pembelajaran
bahasa Indonesia. bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan
bersastra. dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar serta
kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam
perasaan siswa. Siswa tidak hanya diharapkan mampu memahami informasi yang
disampaikan secara lugas atau Iangsung, tetapi juga yang disampaikan secara
terselubung atau secara tidak Iangsung. Siswa tidak hanya pandai dalam
bernalar, tetapi memiliki kecakapan di dalam interaksi sosial dan dapat
menghargai perbedaan balk di dalam hubungan antarindividu maupun di dalam
kehidupan bermasyarakat, yang berlatar dengan berbagai budaya dan agama. (Depdiknas: 2003: 4).
Agar siswa mampu berkomunikasi. pembelajaran bahasa Indonesia haruslah
diarahkan untuk membekali siswa terampil berkomunikasi baik secara lisan maupun
tertulis. Siswa perlu dilatih lebih banyak menggunakan bahasa untuk
berkomunikasi, tidak hanya dituntut untuk menguasai pengetahuan tentang bahasa.
Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran bahasa. ditentukan oleh beberapa
faktor. di antaranya: guru. siswa. media. model dan metode. teknik, suasana
belajar. dan teknologi pembelajaran. Masing-masing unsur saling terkait dan
secara bersama-sama akan berkolaborasi dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Namun. salah satu unsur yang sangat perlu mendapatkan perhatian adalah
kemampuan guru dalam mengadopsi model, metode. teknik. dan strategi inovatif,
agar pembelajaran lebih terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
berbahasa.
Guru harus berani mengolaborasikan berbagai metode. teknik, dan media
pembelajaran inovatif—meng"create"—dalam
rangka menciptakan pembelajaran yang menarik dan matnpu membelajarkan siswa.
Selain itu, guru juga harus meninggalkan model pembelajaran yang berorientasi
pada language usage. Sebab yang diperlukan siswa sebenarnva adalah language
use. Penggunaan bahasa yang kontekstual, bahasa yang ada di lingkungan siswa
akan jauh lebih berarti. Sedangkan keputusan tentang pemilihan model, metode.
teknik, dan bahan ajar. yang akan dipakai sepenuhnya menjadi hak guru asalkan
sesuai dengan karakteristik siswa, bahan ajar, media. dan tujuan yang ingin
dicapai, sesuai dengan SK dan KD.
Home
manfaat belajar bahasa indonesia
pembelajaran
tujuan belajar bahasa indonesia
tujuan belajar bahasa indonesia adalah
tujuan pembelajaran bahasa indonesia
tujuan pembelajaran bahasa indonesia adalah
TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Artikel Terkait
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon