TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


Pembelajaran bahasa Indonesia. bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan bersastra. dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar serta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam perasaan siswa. Siswa tidak hanya diharapkan mampu memahami informasi yang disampaikan secara lugas atau Iangsung, tetapi juga yang disampaikan secara terselubung atau secara tidak Iangsung. Siswa tidak hanya pandai dalam bernalar, tetapi memiliki kecakapan di dalam interaksi sosial dan dapat menghargai perbedaan balk di dalam hubungan antarindividu maupun di dalam kehidupan bermasyarakat, yang berlatar dengan berbagai budaya dan agama. (Depdiknas: 2003: 4).

Agar siswa mampu berkomunikasi. pembelajaran bahasa Indonesia haruslah diarahkan untuk membekali siswa terampil berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Siswa perlu dilatih lebih banyak menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, tidak hanya dituntut untuk menguasai pengetahuan tentang bahasa. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran bahasa. ditentukan oleh beberapa faktor. di antaranya: guru. siswa. media. model dan metode. teknik, suasana belajar. dan teknologi pembelajaran. Masing-masing unsur saling terkait dan secara bersama-sama akan berkolaborasi dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Namun. salah satu unsur yang sangat perlu mendapatkan perhatian adalah kemampuan guru dalam mengadopsi model, metode. teknik. dan strategi inovatif, agar pembelajaran lebih terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran berbahasa.


Guru harus berani mengolaborasikan berbagai metode. teknik, dan media pembelajaran inovatif—meng"create"—dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menarik dan matnpu membelajarkan siswa. Selain itu, guru juga harus meninggalkan model pembelajaran yang berorientasi pada language usage. Sebab yang diperlukan siswa sebenarnva adalah language use. Penggunaan bahasa yang kontekstual, bahasa yang ada di lingkungan siswa akan jauh lebih berarti. Sedangkan keputusan tentang pemilihan model, metode. teknik, dan bahan ajar. yang akan dipakai sepenuhnya menjadi hak guru asalkan sesuai dengan karakteristik siswa, bahan ajar, media. dan tujuan yang ingin dicapai, sesuai dengan SK dan KD.


EmoticonEmoticon