Pembelajaran kooperatif atau cooperative
learning merupakan istilah umum untuk sekumpulan strategi pengajaran
yang dirancang untuk mendidik kerja sama kelompok dan interaksi antarsiswa.
Tujuan pembelajaran kooperatif setidak-tidaknya meliputi tiga tujuan
pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan
pengembangan keterampilan sosial.
Strategi ini berlandaskan pada teori belajar Vigotsky (1978, 1986)
yang menekankan pada interaksi sosial sebagai sebuah mekanisme untuk mendukung
perkembangan kognitif.
Dalam pelaksanaannya
metode ini membantu siswa untuk lebih mudah memproses informasi
yang diperoleh, karena proses encoding akan didukung dengan interaksi yang terjadi dalam Pembelajaran Kooperatif. Pembelajaran
dengan metode Pembelajaran Kooperatif dilandasakan pada teori Cognitive karena
menurut teori ini interaksi bisa mendukung pembelajaran.
Metode pembelajaran cooperative learning mempunyai manfaat-manfaat yang
positif apabila diterapkan di ruang kelas. Beberapa keuntungannya antara lain:
mengajarkan siswa menjadi percaya pada guru, kemampuan untuk berfikir, mencari
informasi dari sumber lain dan belajar dari siswa lain; mendorong siswa untuk
mengungkapkan idenya secara verbal dan membandingkan dengan ide temannya; dan
membantu siswa belajar menghormati siswa yang pintar dan siswa yang lemah, juga
menerima perbedaan ini.
EmoticonEmoticon