METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


Metodologi secara ringkas dapat diartikan sebagai "ilmu mengenai rnetode". Pengkajian metodologi pengajaran bahasa bersurnber dari: 1)  pemerian bahasa yang dihasilkan oleh linguistik urnum, 2) teori pembelajaran yang dikaji oleh psikologi, 3) teori pembelajaran bahasa yang disurnbangkan oleh psikolinguistik: dan 4) teori pemakaian bahasa dalam masyarakat yang diambil dari sosiolinguistik. Anthony     (1963).

Anthony (1963) yang melahirkan istilah approach (pendekatan). method (rnetode) dan technique (teknik): Approach adalah "seperangkat asumsi yang berhubungan dengan hakikat bahasa, belajar, dan mengajar." Method ialah "suatu rencana menyeluruh mengenai panyajian bahasa yang sistematis berdasarkan pendekatan tertentu.  Technique ialah "kegiatan-kegiatan khusus yang diwujudkan di dalam kelas yang konsisten dengan metode, dan olehnya itu juga sejalan dengan pendekatan. Sedangkan Richards. dkk. (1985:177). Memberikan batasan mengenai metodologi pengajaran bahasa sebagai kajian praktik dan prosedur yang digunakan dalam pengajaran, dan prinsip-prinsip dan keyakinan yang melandasinya.
Metodologi meliputi: Kajian tentang hakikat keterampilan berbahasa (yaitu listening, speaking, reading dan writing) dan prosedur pengajarannya, Kajian tentang penyiapan rencana pembelajaran, materi ajar, buku teks untuk pengajaran keterampilan berbahasa, Evaluasi dan perbandingan metode pengajaran bahasa (misalnya Audiolingual method).


Senada dengan pendapat tersebut adalah Richards. dkk. (1985:177). Metode dalam pengajaran bahasa menurut Richards. dkk. (1985:176) adalah cara mengaiarkan suatu bahasa vane didasarkan kepada prinsip dan prosedur vane sistematis tujuan pengajaran, (d) jenis silabus yang digunakan; (e) peran guru, pelajar, dan materi pembelajaran. dan (f) teknik dan prosedur yang digunakan. Richards & Rodgers (1982, 1986), mengajukan hasil kajian mereka yang merumuskan kembali konsep metode. Istilah Anthony,  approach, method dan technique dilabel menjadi approach, design dan procedure secara berturut-turut dengan payung istilah method yang menjelaskan proses tiga-langkah ini. Sedangkan Menurut Richards & Rodgers (1982:154). Metode adalah "istilah yang memayungi spesifikasi dan hubungan antara teori dan praktik." Approach adalah asumsi, keyakinan, dan teori mengenai hakikat bahasa dan belajar bahasa. Dan, Procedures merupakan teknik dan praktik yang diturunkan dari approach dan design.


EmoticonEmoticon