Metodologi
secara ringkas dapat diartikan sebagai "ilmu mengenai rnetode".
Pengkajian metodologi pengajaran bahasa bersurnber dari: 1) pemerian
bahasa yang dihasilkan oleh linguistik urnum, 2) teori pembelajaran yang dikaji
oleh psikologi, 3) teori pembelajaran bahasa yang disurnbangkan oleh
psikolinguistik: dan 4) teori pemakaian bahasa dalam masyarakat yang diambil
dari sosiolinguistik. Anthony (1963).
Anthony (1963) yang melahirkan istilah approach (pendekatan). method (rnetode)
dan technique (teknik): Approach adalah "seperangkat asumsi yang
berhubungan dengan hakikat bahasa, belajar, dan mengajar." Method ialah
"suatu rencana menyeluruh mengenai panyajian bahasa yang sistematis
berdasarkan pendekatan tertentu. Technique ialah "kegiatan-kegiatan
khusus yang diwujudkan di dalam kelas yang konsisten dengan metode, dan olehnya
itu juga sejalan dengan pendekatan. Sedangkan Richards. dkk. (1985:177).
Memberikan batasan mengenai metodologi pengajaran bahasa sebagai kajian praktik
dan prosedur yang digunakan dalam pengajaran, dan prinsip-prinsip dan keyakinan
yang melandasinya.
Metodologi meliputi: Kajian tentang hakikat keterampilan berbahasa (yaitu
listening, speaking, reading dan writing) dan prosedur pengajarannya, Kajian
tentang penyiapan rencana pembelajaran, materi ajar, buku teks untuk pengajaran keterampilan berbahasa, Evaluasi dan perbandingan metode pengajaran bahasa
(misalnya Audiolingual method).
Senada dengan pendapat tersebut adalah Richards. dkk. (1985:177). Metode dalam
pengajaran bahasa menurut Richards. dkk. (1985:176) adalah cara mengaiarkan
suatu bahasa vane didasarkan kepada prinsip dan prosedur vane sistematis tujuan
pengajaran, (d) jenis silabus yang digunakan; (e) peran guru, pelajar, dan
materi pembelajaran. dan (f) teknik dan prosedur yang digunakan. Richards &
Rodgers (1982, 1986), mengajukan hasil kajian mereka yang merumuskan kembali
konsep metode. Istilah Anthony, approach, method dan technique dilabel
menjadi approach, design dan procedure secara berturut-turut dengan payung
istilah method yang menjelaskan proses tiga-langkah ini. Sedangkan Menurut Richards
& Rodgers (1982:154). Metode adalah "istilah yang memayungi
spesifikasi dan hubungan antara teori dan praktik." Approach adalah
asumsi, keyakinan, dan teori mengenai hakikat bahasa dan belajar bahasa. Dan,
Procedures merupakan teknik dan praktik yang diturunkan dari approach dan
design.
Home
metode belajar bahasa indonesia
metode pembelajaran bahasa indonesia
metodologi belajar bahasa indonesia
metodologi pembelajaran bahasa indonesia
pembelajaran
METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Artikel Terkait
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon