1.
Metode ceramah merupakan
penuturan secara lisan oleh guru terhadap kelas.
2.
Metode tanya jawab
merupakan metode mengajar dimana guru menanyakan hal-hal yang sifatnya faktual.
3.
Metode diskusi, guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya menggunakan informasi yang
telah dipelajari untuk memecahkan suatu masalah.
4.
Metode kerja kelompok, dengan
metode ini siswa dalam suatu kelas dipandang sebagai suatu kelompok atau dibagi
atas kelompok-kelompok kecil untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
5.
Metode demonstrasi dan eksperimen,
dengan demonstrasi guru atau narasumber atau siswa mengadakan suatu percobaan.
6.
Metode sosiodrama dan bermain peran
merupakan metode mengajar dengan cara mendramatisasikan
masalah-masalah hubungan sosial. Merupakan suatu cara
penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan
siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan
memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati.
7.
Metode pemberian tugas belajar dan
resitasi, dengan metode ini guru memberikan tugas, siswa mempelajari
kemudian melaporkan hasilnya.
8.
Metode karyawisata, merupakan
suatu metode mengajar di mana guru mengajak siswa ke suatu objek tertentu dalam
kaitannya dengan mata pelajaran di sekolah.
9.
Drill atau pemberian latihan
merupakan cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang
dipelajari.
10.
Metode debat,
merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan
kemampuan akademik siswa. Materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket pro dan
kontra.
11. Metode Pemecahan Masalah (Problem
Solving) adalah
penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa
menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun
masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama. Memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa,
peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi
penyelidikan dan dialog.
12.
Cooperative Script, adalah metode
belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan
bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
13.
Picture and Picture adalah suatu
metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan/ diurutkan menjadi
urutan logis.
14.
Metode Jigsaw, dalam metode ini guru
membagi satuan informasi yang besar menjadi komponen-komponen lebih kecil.
Selanjutnya guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif yang
terdiri dari empat orang siswa sehingga setiap anggota bertanggungjawab
terhadap penguasaan setiap komponen/ subtopik yang ditugaskan guru dengan
sebaik-baiknya.
EmoticonEmoticon