1.
Metode langsung
Metode pengajaran langsung dirancang secara khusus
untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan
pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari
selangkah demi selangkah. Di dalam metode langsung terdapat 5 fase yaitu
demonstrasi, pembimbingan,pengecekan, dan pelatihan. Di dalam metode ini
terdapat teknik dalam pembelajaran menulis yaitu teknik gambar atau menulis
langsung.
2.
Metode Komunikatif
Desain yang bermuatan metode komunikatif harus
mencakup semua keterampilan berbahasa. Metode komunikatif dapat dilakukan
dengan teknik menulis dialog. Siswa menulis dialog tentang yang mereka lakukan
dalam sebuah aktivitas. Kegiatan ini dapat dilaksanakan perseorangan maupun
kelompok
3.
Metode Integratif
Integratif berarti menyatukan beberap aspek ke dalam
satu proses. Integratif terbagi menjadi interbidang studi dan antarbidang
studi. Interbidang studi artinya beberapa aspek dalam satu bidang studi
diintegrasikan. Misalnya, menyimak diintegrasikan dengan berbicara dan menulis.
Metode inregratif dapat dilaksanakan dalam pembelajaran mambaca dengan memberi
catatan bacaan. Siswa dapat membuat catatan yang diangap penting atau kalimat
kunci sebuah bacaan. Dalam melakukan kegiatan membaca sekaligus siswa menulis.
4.
Metode Tematik
Dalam metode tematik, semua komponen materi
pembelajaran diintegrasikan ke dalam tema yang sama dalam satu unit pertemuan.
Yang perlu dipahami adalah tema bukanlah tujuan tetapi alat yang digunakan
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tema tersebut harus diolah dan disajikan
secara kontekstualitas, kontemporer, kongkret, dan konseptual. Tema yang telah
ditentukan harus diolah sesuai dengan perkembangan dan lingkungan siswa. Semua
siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan logika yang dipunyainya. Siswa
berangkat dari konsep ke analisis atau dari analisis ke konsep kebahasaan,
penggunaan, dan pemahaman.
5.
Metode Konstruktivitas
Asumsi sentral metode konstruktivistik adalah
belajar itu menemukan. Artinya, meskipun guru menyampaikan sesuatu kepada
siswa, mereka melakukan proses mental atau kerja otak atas informasi itu agar
informasi tersebut masuk ke dalam pemahaman mereka. Metode konstruktivistik
didasarkan pada teori belajar kognitif yang menekankan pada pembelajaran
kooperatif, pembelajaran generatif strategi bertanya, inkuiri, atau menemukan
dan keterampilan metakognitif lainnya (belajar bagaimana seharusnya belajar).
6.
Metode Kontekstual
Pembelajaran kontekstual adalah konsepsi
pembelajaran yang membantu guru menghubungkan mata pelajaran dengan situasi
dunia nyata dan pembelajaran yang memotivasi siswa agar menghubungkan
pengetahuan dan terapannya dengan kehidupan sehari-hari. Adapun metode ini
dapat diterapkan dalam salah satu pembelajaran menulis deskripsi. Siswa dapat
belajar dalam situasi dunia nyata.
EmoticonEmoticon