1. SIMON SAYS
Inilah
barangkali permainan menyimak yang paling terkenal di antara permainan lain.
Siswa kelas diberi serangkaian perintah, tetapi mereka hanya boleh patuh jika
perintah itu diawali dengan Simon says .... contohnya adalah sebagai berikut:
1. Stand up (tidak ada respons)
2. Simon says, stan up (mereka berdiri)
3. Simon says, clap twice (mereka bertepuk tangan)
4. Clap three times (mereka diam)
5. Sit down (mereka tetap berdiri)
6. Simon says, touch your neighbour’s shoulder (mereka melakukannya)
7. Pick up your pen (tidak ada respons)
8. Simon says, write your name on ...
Permainan ini akan menjadi lebih menarik jika dihubungkan dengan kompetisi
antarkelompok. Dari sekian kelompok yang ada di kelas, guru bisa menentukan
mana yang menjadi pemenang dengan menghitung kesalahan yang mereka lakukan.
Pemenangnya adalah kelompok yang melakukan kesalahan paling sedikit dan/atau
merespon perintah dengan benar dan cepat.
2. NOMOR TELPON
Bacalah dengan keras nomor telepon kemudian siswa menulis-kannya. Hasilnya
dicek pada papan tulis. Cara lain yang lebih menarik adalah perdengarkanlah
kepada siswa sebuah dialog. Dalam dialog tersebut disebutkan salah satu atau
beberapa nomor telepon. Satu per satu nomor tersebut diperdengarkan kepada
siswa dan siswa yang sebelumnya telah dikelompokkan tersebut diminta menuliskan
nomor yang telah mereka dengar. Setelah berdiskusi, mereka diminta menuliskan
nomor hasil ‘tangkapan’ mereka di papan tulis. Dengan nomor-nomor tersebut, guru
bisa menentukan mana kelompok yang menang dengan membandingkan nomor mereka
dengan nomor dalam tapescript.
3. TAMPILAN JAM
Siswa menggambar lingkaran kecil pada secarik kertas. Pada saat guru membacakan
waktu, mereka menggambar jarum jam pada posisi yang benar. Mereka tidak perlu
menuliskan angka-angka dari 1-12 pada lingkaran tersebut. Permainan ini bisa
dipadukan dengan keterampilan matematis siswa. Buatlah beberapa clock faces
pada papan tulis sesuai dengan jumlah kelompok siswa. Pada model ini clock
faces ini, guru menetukan posisi jarum (misalnya pada setiap 10 past 5, 15 to
11, 12 past 8, 15 to 7).
Tulislah nama setiap clock faces sesuai dengan nama kelompok siswa tersebut.
Sebagai contoh, kelompok A mempunyai clock faces A, yaitu 10 past 5. Yang harus
dilakukan siswa selanjutnya adalah merespons apa yang dikatakan guru, seperti
“Your clock is 30 minute late”. Untuk kelompok A, siswa tentu harus menuliskan
5.40 (40 past 5) sebagai respons mereka. permainan ini sama dengan yang lain, juga
bisa dikompetisikan.
Pembelajaran menyimak dengan menggunakan tampilan jam ini dapat juga disajikan
dalam bentuk cerita. Guru memperdengarkan sebuah cerita yang di dalamnya
terdapat perputaran waktu. Siswa dalam kelom-poknya memindah-mindahkan posisi jarum
jam sesuai dengan perputaran waktu yang terdapat dalam cerita yang
dibacakan/diperdengarkan.
Contoh:
Saya seorang peneliti bahasa-bahasa daerah di Nusantara. Saat ini saya berada
di NAD untuk meneliti ragam dialek bahasa Aceh di Aceh Besar. Hari ini saya
akan melakukan pengenalan wilayah penelitian. Perjalanan saya mulai dari Jantho
menuju Seulimuem. Jam di tangan saya menunjukkan waktu tepat pukul 8.15. WIB.
Dengan mengendarai sepeda motor, saya menuju Seulimuem. Dari Jantho ke
Seulimeum menghabiskan waktu 13 menit. Di Seulimeum saya tidak singgah. Saya
melanjutkan perjalanan menuju Sare. Dari Seulimeum ke Sare menghabiskan waktu
55 menit.
Home
kumpulan strategi pembelajaran menyimak
kumpulan teknik pembelajaran menyimak
menyimak
strategi pembelajaran menyimak
teknik pembelajaran menyimak
teknik-teknik pembelajaran menyimak
KUMPULAN STRATEGI DAN TEKNIK PEMBELAJARAN MENYIMAK
KUMPULAN STRATEGI DAN TEKNIK PEMBELAJARAN MENYIMAK
Artikel Terkait
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon