KUMPULAN STRATEGI DAN TEKNIK PEMBELAJARAN MENYIMAK


1. SIMON SAYS

Inilah barangkali permainan menyimak yang paling terkenal di antara permainan lain. Siswa kelas diberi serangkaian perintah, tetapi mereka hanya boleh patuh jika perintah itu diawali dengan Simon says .... contohnya adalah sebagai berikut:
1. Stand up (tidak ada respons)
2. Simon says, stan up (mereka berdiri)
3. Simon says, clap twice (mereka bertepuk tangan)
4. Clap three times (mereka diam)
5. Sit down (mereka tetap berdiri)
6. Simon says, touch your neighbour’s shoulder (mereka melakukannya)
7. Pick up your pen (tidak ada respons)
8. Simon says, write your name on ...


Permainan ini akan menjadi lebih menarik jika dihubungkan dengan kompetisi antarkelompok. Dari sekian kelompok yang ada di kelas, guru bisa menentukan mana yang menjadi pemenang dengan menghitung kesalahan yang mereka lakukan. Pemenangnya adalah kelompok yang melakukan kesalahan paling sedikit dan/atau merespon perintah dengan benar dan cepat.

 

2. NOMOR TELPON

 Bacalah dengan keras nomor telepon kemudian siswa menulis-kannya. Hasilnya dicek pada papan tulis. Cara lain yang lebih menarik adalah perdengarkanlah kepada siswa sebuah dialog. Dalam dialog tersebut disebutkan salah satu atau beberapa nomor telepon. Satu per satu nomor tersebut diperdengarkan kepada siswa dan siswa yang sebelumnya telah dikelompokkan tersebut diminta menuliskan nomor yang telah mereka dengar. Setelah berdiskusi, mereka diminta menuliskan nomor hasil ‘tangkapan’ mereka di papan tulis. Dengan nomor-nomor tersebut, guru bisa menentukan mana kelompok yang menang dengan membandingkan nomor mereka dengan nomor dalam tapescript.


3. TAMPILAN JAM

 
Siswa menggambar lingkaran kecil pada secarik kertas. Pada saat guru membacakan waktu, mereka menggambar jarum jam pada posisi yang benar. Mereka tidak perlu menuliskan angka-angka dari 1-12 pada lingkaran tersebut. Permainan ini bisa dipadukan dengan keterampilan matematis siswa. Buatlah beberapa clock faces pada papan tulis sesuai dengan jumlah kelompok siswa. Pada model ini clock faces ini, guru menetukan posisi jarum (misalnya pada setiap 10 past 5, 15 to 11, 12 past 8, 15 to 7).

Tulislah nama setiap clock faces sesuai dengan nama kelompok siswa tersebut. Sebagai contoh, kelompok A mempunyai clock faces A, yaitu 10 past 5. Yang harus dilakukan siswa selanjutnya adalah merespons apa yang dikatakan guru, seperti “Your clock is 30 minute late”. Untuk kelompok A, siswa tentu harus menuliskan 5.40 (40 past 5) sebagai respons mereka. permainan ini sama dengan yang lain, juga bisa dikompetisikan.


Pembelajaran menyimak dengan menggunakan tampilan jam ini dapat juga disajikan dalam bentuk cerita. Guru memperdengarkan sebuah cerita yang di dalamnya terdapat perputaran waktu. Siswa dalam kelom-poknya memindah-mindahkan posisi jarum jam sesuai dengan perputaran waktu yang terdapat dalam cerita yang dibacakan/diperdengarkan.


Contoh:
Saya seorang peneliti bahasa-bahasa daerah di Nusantara. Saat ini saya berada di NAD untuk meneliti ragam dialek bahasa Aceh di Aceh Besar. Hari ini saya akan melakukan pengenalan wilayah penelitian. Perjalanan saya mulai dari Jantho menuju Seulimuem. Jam di tangan saya menunjukkan waktu tepat pukul 8.15. WIB. Dengan mengendarai sepeda motor, saya menuju Seulimuem. Dari Jantho ke Seulimeum menghabiskan waktu 13 menit. Di Seulimeum saya tidak singgah. Saya melanjutkan perjalanan menuju Sare. Dari Seulimeum ke Sare menghabiskan waktu 55 menit.


loading...


EmoticonEmoticon