TENTANG TEKNIK DICTOGLOSS



TENTANG TEKNIK DICTOGLOSS


Kata dicogloss mulanya dari bahasa Inggris. Dicogloss adalah kesatuan dari dua kata, yakni dicto/dictate dan gloss. Dicto/dictate artinya adalah dikte.imla sedangkan gloss artinya ialah tafsir. Adapun anggapan bahwa teknik ini ialah perpaduan dari dua teknik antara dikte dengan tafsir. mengapa demikian? Karena sesudah wacana diperdengarkan dengan dikte, semua penyimak diinstruksikan melakukan penafsiran wacana atas yang tel didengarnya.
David Nunan pada tahun 1996 dalam Alwasilah memberikan pendapat bahwa teknik dicogloss merupakan teknik dalam pembelajaran menumak yang bisa terbilang sifatnya komunikatif. Dalam teknik yang satu ini, siswa dibacakan teks yang singkat oleh guru dengan kecepatan sedang. Lalu, siswa ditugaskan untuk menulis kata sebanyak-banyaknya, semampunya mereka. Selanjutnya, para siswa dibagi dalam grup-grup kecil untuk melakukan rekonstruksi teks atas kata-kata yang ditulisnya. Memang, pada dasarnya teknik ini serupa dengan dikte yang tradisonal meski sifatnya superfisial saja.


Ada beberapa latihan yang didaptkan siswa dengan adanya teknik ini.
  • latihan mendengarkan
  • latihan menyimak
  • latihan memahami
  • latihan membuat interpretasi
  • latihan memberikan penanggapan atas wacana yang didengarnya.

Teknik dicogloss didalamnya ada dua teknik yang diterapkan yakni dikte dan identifikasi atas kata kunci. Dikte diterapkan untuk wacana dengan kecepatan yang sedang/normal. Sementara itu, identifikasi kata kunci diterapkan saat para siswa menulis kata kunci dengan sebanyak mungkin sesuai dengan kemampuan mereka.
Djago Tarigan pada tahun 1986 mengemukakan  bahawa mengidentifikasi kata kunci ialah pemilihan kata yang dimasukan ke dalam kata kunci. Wacana lisan biasanya bersumber dari kaset (media audio). Kaset audio ialah media yang populer hingga daerah desa pun mengenalnya. Hal tersebut disebabkan karena biayanya yang relatif murah baik dalam pemberdayaan maupun perawatannya sehingga memudahkan para guru untuk memberikan pembelajaran.
Kesimpulannya adalah...
Teknik dicogloss adalah teknik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan teknik melakukan sajian wacana seacra lisan untuk para siswa dan mereka melakukan kerja sama dalam kelompok yang terbagi kecil untuk melakukan rekontruksi wacana atas kata-kata kunci tersebut.

1 komentar so far

kira-kira instrumen yang digunakan dalam penelitian apa ?


EmoticonEmoticon