Rost pada tahun 1991 berpendapat mengenai adanya faktor yang utama dalam menyimak di ruangan kelas ialah dimana siswa menulis poin-poin yang penting akan materi simakna.
Selain itu, tarigan pada tahun 1994 menambahkan akan adanya aspek-aspek yang merupakan faktor dalam keterampilan menyimak.
- bisa membedakan antara bunyi fonemis
- dapat melakukan pengingatan kembali atas kata-kata
- dapat melakukan identifikasi atas susunan bahasa dari kelompok kata
- dapat melakukan identifikasi atas aspek-aspek baik pragmatik, ekspresi, ataupun sejumlah pemakaian yang memiliki fungsi sebagai kesatuan sementara dalam mencari makna
- dapat mengaitkan simbol-simbol linguistik ke dalam simbol-simbol paralinguistik dan ke yang non linguistik
- dapat melaukan pengulangan atas kata-kata maupun ide yang penting
Menurut Budiman pada tahun 2008, susunan atas bahan menyimak tidak asal-asalan materi semata namun ada juga hal-hal yang mesti menjadi perhatian seorang pengajar, di antarany adalah hal-hal berikut ini...
- sasaran pelaksanaan kegiatan
- sasaran atas kompetensi siswa
- metode pembelajaran yang hendak diterapkan
- faktor-faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya menyimak
Ada empat faktor penting dalam menyimak bila ditinjau berdasarkan komponennya
1. Aspek Pembicara
Pembicara yang baik yakni pembicara yang memiliki hal-ha;l di bawah ini.
- penguasaan materinya bagus
- percaya dirinya begitu nampak
- bisa berbicara lancar
- menjaga kontak interaksi dengan para penyimkak
- mempunyai gaya yang menarik
- melakukan gaya yang bervariasi
- pembicaraannya sistematis
2. Aspek Materi
Materi seperti apa yang bagus? Berikut ini adalah ketentuan-ketentuan materi simakan yang baik dan benar.
- isinya aktual
- isinya berbobot
- memiliki manfaat
- penyajiannya sistematis
- aspek-aspeknya seimbang
- topiknya macam-macam
3. Aspek Penyimak
- Aspek-aspek yang dimiliki oleh seorang penyimak adalah sebagai di bawah ini
- keadaan kelas yang kondusif
- siswa-siswa yang siap berkonsentrasi
- minat yang tinggu untuk kegiatan menyimak
- akan lebih efektif apabila penyimak memiliki banyak pengalaman
4. Aspek Situasi
- Aspek situasi meliputi hal-hal dii bawah ini.
- waktu untuk menyimak
- saran aspek yang mendukung
- suasana dari lingkungan
EmoticonEmoticon