DEFINISI SOSIOLINGUSTIK MENURUT PARA AHLI


Fishman mengemukakan bahwa sosiolinguistik adalah disiplin ilmu yang intinya membahas keterkaitan dua hal yakni, penggunaan bahasa dan sikap sosial.Ia merumuskan bahwa ilmu bahasa yang satu ini memiliki sebuah konsep: siapa dan berkata apa. Adapun Labov merumuskan: mengapa seorang berkata sesuatu.

Seorang pakar, Wardhaugh, mengutarakan  sosiolinguistik merupakan sebuah studi yang isinya berupa kajian bahasa beserta keterkaitannya dengan aspek-aspek sosial yang hadir di ruang lingkup lingkungan sosial penuturnya. Wardhaugh mendefinisikan sosiolinguitik adalah ilmu yang mengkaji bahasa dalam hubungannya dengan faktor-faktor sosial yang hidup di dalam masyarakat penuturnya.

Selanjutnya, Sutomo mengartikan sosiolinguistik selaku studi yang isinya membahas beragam bentuk ditambah berubahnya bahasa dan dihubungkan dengan aspek sosial di dalam lingkungan masyarakat pengguna bahasa tersebut. Dia menambahkan, bahwa sosiolinguistik itu berbeda dengan sosiologi bahasa. Menurutnya, objek utama yang dikaji dalam sosiolinguistik ialah bahasa sedangkan sosiologi bahasa lebih kepada barangsiapa yang menuturkannya selaku anggota sebuah kelompok/kaum/komunitas yang melakukan komunikasi dengan yang lainnya melalui bahasa sebagai alat.


EmoticonEmoticon