PENELITIAN TINDAKAN KELAS (2)



Salah satu metode penelitian yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode PTK  (Penelitian Tindakan Kelas). Suhardjono (2010: 58) mengungkapkan bahwa PTK adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya. PTK berfokus pada kelas atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, bukan input kelas (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar).
            Penelitian tindakan kelas cukup potensial untuk membantu memecahkan masalah guru dalam menjalankan profesinya sekaligus meningkatkan kinerjanya. Anakn tetapi, dalam melaksanakan penelitian kelas, masih banyak kendala yang dihadapi oleh guru. Menurut Proyono (1999), kendala-kendala itu adalah: (1) masih lemahnya pemahaman guru tentang konsep penelitian tindakan kelas (2) belum diyakininya penelitian tindakan kelas sebagai strategi pengembangan profesi guru (3) belum membudayanya rerlectif thinking di kalangan guru. (Syamsuddin dan Vismaia, 2009: 227).
            Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi si dalam kelas. Kegiatan penelitian ini tidak saja bertujuan untuk memecahkan masalah, tetapi sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan. PTK juga bertujuan untuk meningkatkan kegiatan nyata guru dalam perkembangan profesionalnya. Pada intinya, PTK bertujuan untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar. (Suhardjono, 2010: 60).


            Dalam PTK, peneliti atau guru dapat melihat sendiri praktik pembelajaran atau bersama guru lain ia dapat melakukan penelitian terhadap siswa dilihat dari aspek interaksinya dalam proses pembelajaran. Dalam PTK guru secara reflektif dapat menganalisis, mensintesis, terhadap apa yang telah dilakukan di kelas. Dalam hal ini berarti dengan melakukan PTK, pendidik dapat memperbaiki praktik-praktik pembelajaran sehingga menjadi lebih efektif.


EmoticonEmoticon