PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA






Pengaruh yang ditimbulkan oleh ciri-ciri pemerolehan bahasa tentunya sudah sangat jelas sekali. berikut ini pengaruhnya :
1.      Karena pemerolehan bahasa kedua itu ciri cirinya klasikal dan disadari maka pengajaran BIPA pun tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pengajaran BIPA harus terstruktur dengan sistematis yang bisa dilakukan di lingkungan sekolah. Hal ini agar pembelajar BIPA bisa mencapai target kompetensi yang ingin dimilikinya.
2.      Karena pemerolehan bahasa kedua itu tidak akan luput dari latar belakang adat dan budaya pembelajarnya, maka dalam proses pengajaran, adat dan budaya pembelajar akan sangat berpengaruh pada pemahaman mereka terhadap bahasa Indonesia sekaligus budaya baru yang dibawa oleh bahasa Indonesia ini.
3.      Karena pemerolehan bahasa kedua itu juga dilihat dari sisi usia, maka pengajaran di kelas akan dipengaruhi oleh usia pembelajarnya. Pengajar harus menyesuaikan materi belajar BIPA sesuai usia pembelajar. Contohnya, meskipun pembelajar masih berada di tingkat dasar bukan berarti materinya itu kekanak-kanakan. Materi harus tetap disesuaikan dengan usia pembelajarnya tapi dengan tingkat kesukaran yang mudah.


EmoticonEmoticon