Pengaruh yang ditimbulkan oleh ciri-ciri pemerolehan bahasa tentunya sudah sangat jelas sekali. berikut ini pengaruhnya :
1.
Karena pemerolehan bahasa kedua itu
ciri cirinya klasikal dan disadari maka pengajaran BIPA pun tidak boleh
dilakukan dengan sembarangan. Pengajaran BIPA harus terstruktur dengan
sistematis yang bisa dilakukan di lingkungan sekolah. Hal ini agar pembelajar
BIPA bisa mencapai target kompetensi yang ingin dimilikinya.
2.
Karena pemerolehan bahasa kedua itu
tidak akan luput dari latar belakang adat dan budaya pembelajarnya, maka dalam
proses pengajaran, adat dan budaya pembelajar akan sangat berpengaruh pada
pemahaman mereka terhadap bahasa Indonesia sekaligus budaya baru yang dibawa
oleh bahasa Indonesia ini.
3.
Karena pemerolehan bahasa kedua itu
juga dilihat dari sisi usia, maka pengajaran di kelas akan dipengaruhi oleh
usia pembelajarnya. Pengajar harus menyesuaikan materi belajar BIPA sesuai usia
pembelajar. Contohnya, meskipun pembelajar masih berada di tingkat dasar bukan
berarti materinya itu kekanak-kanakan. Materi harus tetap disesuaikan dengan
usia pembelajarnya tapi dengan tingkat kesukaran yang mudah.
EmoticonEmoticon