Pemerolehan dan pembelajaran
bahasa dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
1.
Diperoleh secara tidak sadar, informal, serta
implisit. Cara pertama ini disebut juga dengan pemerolehan bahasa (language
acquisition).
2.
Diperoleh dengan adanya kehadiran guru, suasana
kelas, dan dituntut adanya kurikulum, serta dilakukan dengan cara sadar. Cara
ini disebut sebagai pembelajaran bahasa (language learning), karena
adanya istilah pembelajar dan pengajar.
Penyajian
pembelajaran bahasa secara formal tentu memiliki pengaruh terhadap kecepatan
dan keberhasilan dalam memperoleh bahasa kedua karena berbagai faktor dan variabel
telah dipersiapkan dan diadakan dengan sengaja. Demikian juga, keadaan
lingkungan pembelajaran bahasa kedua secara formal, salah satu contohnya di dalam kelas, sangat berbeda
dengan lingkugan pembelajaran bahasa kedua secara naturalistik dan alami. Steiberg
(1979:166) menyebutkan karakteristik lingkungan pembelajaran bahasa di kelas
ada lima segi yaitu :
1.
Lingkungan pembelajaran bahasa di kelas sangat diwarnai oleh faktor psikologi
sosial kelas yang meliputi penyesuaian-penyusaian, disiplin, dan prosedur yang
digunakan;
2.
Pada lingkungan kelas dilakukan praseleksi terhadap data linguistik, yang
dilakukan guru berdasarkan kurikulum yang digunakan;
3.
Pada lingkungan sekolah disajikan kaidah-kaidah gramatikal secara eksplisit untuk
meningkatkan kualitas berbahasa siswa yang tidak dijumpai di lingkungan
alamiah;
4.
Pada lingkungan kelas sering disajikan cara dan situasi bahasa yang artifisial
(buatan), tidak seperti dalam lingkungan kebahasaan alamiah;
5.
Pada lingkungan kelas disediakan alat-alat pengajaran seperti buku teks, buku
penunjang, papan tulis, tugas-tugas yang harus diselasaikan,dan sebagainya.
Kondisi
lingkungan kelas yang khas dalam pembelajaran bahasa kedua, mempengaruhi
terhadap keberhasilan pembelajaran bahasa kedua, yaitu:
1.
Pengaruh terhadap kompetensi
2.
Pengaruh terhadap kualitas performansi
3.
Pengaruh terhadap urutan pemerolehan;
4.
Pengaruh terhadap kecepatan
pemerolehan.
EmoticonEmoticon