Tujuan pembuatan jaringan semantik
adalah untuk merepresentasikan organisasi dari ide-ide dalam materi
pembelajaran agar dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran. Dengan mengajak siswa menganalisis struktur
ide-ide yang dipelajari, berarti membantu siswa untuk menganalisis struktur
pengetahuannya, yang akan membantunya untuk memadukan ide baru dengan ide yang
sudah ada. Sebagai hasilnya, pengetahuan
yang diperoleh lebih utuh dan dapat digunakan dengan lebih akurat.
Jaringan semantik menggambarkan apa
yang diketahui siswa. Menyusun jaringan semantik berarti mengubah struktur
memori karena terjadi perpaduan antara ide lain yang sudah dimiliki siswa
dengan ide baru yang sedang dipelajari. Dengan kata lain, jaringan semantik
juga menunjukkan terjadinya pemahaman pengetahuan baru oleh siswa. Oleh karena itu, jaringan semantik juga dapat
digunakan sebagai alat evaluasi dengan cara mengakses perubahan memori pada
diri siswa (Preece dalam Jonassen, 1998). Apabila terjadi kemajuan penguasaan
ide, berarti siswa sudah mengalami kemajuan dalam belajar.
EmoticonEmoticon