TIPS UNTUK BELAJAR DAN MENGHADAPI UJIAN

Belajar sebenarnya adalah proses yang harus dilakukan siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan siapapun.

Kegiatan tersebut biasanya dilakukan ketika bersekolah dengan bimbingan para guru.

Belajar akan lebih optimal ketika kamu melakukannya meskipun tidak ada pekerjaan rumah dari sekolah.

Apabila belajar dilakukan hanya ketika ulangan tentunya kamu akan terburu-buru ketika belajar. Sementara itu, belajar yang baik adalah belajar yang bertahap dan mendalam hingga kamu mengerti sebuah materi pembelajar.

 
 
Di bawah ini adalah tips untuk kamu belajar sehari-hari maupun ketika menghadapi ujian kelak.

 
1. Belajar secara Bersama-sama dengan Teman!
 
Belajar akan lebih menyenangkan ketika kamu belajar kelompok. Kamu bisa saling bertukar pengetahuan dan saling bertanya. Terkadang, belajar sendirian bisa menyebabkan kita cepat jenuh.

 
2. Rajinlah untuk Menulis Intisari Setiap Pelajaran! 
 
Jangan malas untuk menulis poin-poin utama tentang pelajaran. Dengan ditulis, maka kamu akan lebih mudah mengingat pembelajaran ketika kamu lupa. Tapi... Jangan sekali-kali menggunakan catatan kecilmu untuk menyontek, ya!

 
3. Buatlah Sebuah Rencana yang Baik!

Untuk memberikan motivasi yang tinggi, buatlah target. Misalnya, sekarang kamu masuk peringkat sepuluh besar. target kamu selanjutnya adalah peringkat tiga besar. Demi target itu, buatlah sebuah jadwal belajar yang efektif.

 
4. Disiplin yang Stabil, ya!

Setelah membuat jadwal, jadilah pribadi yang lebih disiplin. Zaman sekarang, bisa saja kamu tiba-tiba terjerumus game online. Hal itu tentunya bisa membuat rencana kamu tidak berjalan lancar. Bila perlu, buatlah jadwal untuk sehari-hari dengan rincian yang jelas. Dengan begitu kamu akan tahu kapan kamu bisa bermain dan belajar sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma.

 
5. Jadilah Aktif Bertanya!

Ketika ada hal yang tidak kamu mengerti, aktiflah bertanya. Dengan bertanya, selain penasaran kamu hilang, kamu pun memperoleh wawasan. Bertanyalah kepada guru, kakak kelas, orang tua, teman yang lebih pandai, maupun orang yang ahli pada bidangnya.

 
6. Belajarlah dengan Tekun dan Serius
 
Saat kamu sedang belajar di kelas, simaklah dengan saksama tentang materi yang dijelaskan oleh guru kalian. Fokus! Jangan main dengan telepon genggam, bergosip, atau mengobrol. Catatlah hal-hal penting karena kemungkinan hal itu tidak tertera dalam buku dan dijadikan bahan untuk ulangan. Saat waktu senggang, belajarlah! Baca kembali dan hapalkan. Jika merasa sudah menguasai, kamu dapat menguji diri kamu sendiri dengan mengisi buku paket. Cocokkan dengan kunci jawaban, apabila salah, pelajarilah kembali.
 
 
7. Hindarilah Belajar yang Berlebihan!

Otak memerlukan istirahat. Kamu jangan sampai sakit gara-gara belajar. Makan, olahraga, belajar, dan bermain harus sesuai dengan porsinya.

 
8. Jangan Putus Asa, Jangan Lekas Puas!
 
Ketika kamu tidak mencapai target atau kurang, jangan putus asa. Selama ada peningkatan meskipun sedikit, sebenarnya kamu telah belajar meski sedikit-sedikit. Ketika target kamu tercapai, jangan lekas puas. Sesungguhnya mempertahankan lebih sulit daripada menggapai. Buatlah target yang lebih tinggi. Misalnya, kamu telah berhasil menjadi peringkat pertama di kelas, buatlah target menjadi juara umum di sekolah atau mendapatkan nilai uas terbaik di kotamu, dan sebagainya.

 
Secara ringkas, langkah-langkah belajar agar efektif adalah harus mengetahui di bawah ini
  • diri kamu sendiri
  • kemampuan belajar kamu sendiri
  • proses pembelajaran seperti apa yang cocok untuk kamu
  • wawasan apa yang sebenarnya kamu inginkan dan butuhkan
Kamu bisa saja dengan mudah belajar sesuatu hal karena di situlah bakat kamu. Tapi perlu kamu ingat, belum tentu kamu bisa melalui semua pembelajaran yang lain dengan mudah. Belajar adalah proses yang memerlukan tahap-tahap hingga nanti kamu jadi orang berhasil.
 
Jangan lupa, sebelum belajar selalu berdoa dan ketika beribadah meminta doa kepada Tuhan agar kamu dilancarkan selalu...

1 komentar so far

bagus nih ! jadi semangat belajar !


EmoticonEmoticon