MENGENAI HUBUNGAN PERKEMBANGAN BAHASA DAN TEKNOLOGI...

Assalamualaikum, Sahabat Bahasa.

Sekarang artikel yang saya tulis ialah mengenai hubungan perkembangan bahasa dan teknologi. Ada apa nih di antara keduanya? Memang saling berhubungan?

Yap! Mereka berhubungan satu sama lain.

Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa. Apa saja itu?

Faktor-faktor yang umum adalah...
  • budaya
  • ekonomi
  • sosial
  • lingkungan
  • politik
  • dan masih banyak lagi
Kali ini, saya akan membahas mengenai hubungan perkembangan bahasa dan teknologi. Sadar atau tidak, nyatanya kedua hal itu memiliki pengaruh dan bisa saling berkaitan dalam perkembangannya. Akan saya bahas beberapa contoh sederhana yang bisa membuka pemikiran Anda bahwa kedua hal itu berhubungan.

Barang yang diimpor dari luar negeri, kebanyakan adalah barang elektronik.
Pasti kalian semua mengenal merk-merek seperti...
  • sharp
  • cosmos
  • yongma
  • nokia
  • blackberry
  • samsung
  • dan lain-lain
Ketika saya membeli blender, katakanlah saya awam dengan benda ini. Tentu saja memerlukan buku petunjuk. Ada kalanya, apalagi pada zaman dahulu, buku petunjuk manual penggunaan selalu menggunakan bahasa negara asal dimana barang itu dibuat. Untuk saya yang saat itu tidak fasih berbahasa inggris, tentu saja saya mesti membuka kamus Inggris-Indonesia agar memahami bagaimana cara menggunakan blender ini. Otomatis, saya menjadi belajar bahasa negara lain demi mengenal teknologi.

Mugkin kalian juga pernah mengalami hal serupa pada benda-benda lain, dari mulai cara menggunakan, merangkai sesuatu, atau menghapus sesuatu (misalnya uninstal aplikasi).

Menarik juga ya, bila posisinya tiba-tiba dibalik. Negara kita menjadi maju dalam segala hal termasuk elektronik hingga bangsa lain yang mesti membuka kamus. Jadinya, mereka belajar bahasa kita, hehe. Tapi itu kapan? Amin, suatu hari, mudah-mudahan...

Oh, iya...

Berkat kecanggihan teknologi, kini orang Indonesia beramai-ramai menggunakan Facebook. Entah bertemu di game Facebook atau dimana, saya sendiri suka lupa kalau ada teman-teman bule di friendlist. Suatu ketika, teman bule itu bertanya pada saya tentang arti-arti kalimat bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris. Sebenarnya, saya kaget, entah dia chatting dengan siapa, saya sih tidak trelalu kepo, yang jelas saya membantu sebisanya. Bukan perkara mudah bagi si bule bisa menggunakan google translate. Karena yang dia tanyakan itu: whats d meaning of... P kbr?

Mana ditemukan "p kbr" dalam google translate secara itu adalah singkatan. Singkatan yang dimengeri oleh kita seperti membaca SMS, tapi tidak bagi si bule.

Contoh lainnya adalah pembelajaran di lab. bahasa. Di tempat tersebut, kita mendapatkan bantuan teknologi untuk belajar bahasa dengan lebih canggih.

http://3.bp.blogspot.com/_4qUX4YFAgwY/TEWt0fuucaI/AAAAAAAAAs8/O644M31_Yvo/s320/kacamata-penerjemah.jpg
sumber foto: http://3.bp.blogspot.com
Misalnya, untuk listening jadi lebih jelas karena menggunakan earphone. Seingat saya, sewaktu SMP, ada sebuah alat dan aplikasi yang saya tidak tahu namanya. Yang jelas, ada sebuah kalimat yang mesti kita baca. Lalu, dengan cepat, komputer memberikan kemiripan kita dengan pengejaan yang semestinya, misalany hasilnya ialah: 90%. Artinya, sudah 90% pengucapan kita dalam berbahasa Inggris itu benar.

Percaya atau tidak, sebagain besar gamers lebih berbahasa Inggris daripada yang bukan gamers. Sauya juga pernah membaca artikel yang katanya ada penelitian tentang hal tersebut. Bahasa Inggris saya biasa saja tapi saya pernah masuk kelas SI saat SMA. Di sana, memang ada beberapa orang yang jago bahasa Inggris dan Jepang karena mereka sering main games kata mereka.

http://1.bp.blogspot.com/-y-e0gz5FOGM/UTMeDE7ACeI/AAAAAAAAAGg/kxPFARN4nMU/s1600/hgbsna0f.jpg
foto seorang anak yang bermain PS


Yang telah saya tulis di atas hanya segede upil semut tentang contoh dari hubungan perkembangan bahasa dengan teknologi.

Mungkin kamu punya contoh hal yang lain?


EmoticonEmoticon