MENGENAI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA

Kali ini saya akan membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing. Pembelajaran bahasa kedua memang bisa dibilang susah-susah gampang. Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal dalam pembelajaran, ada baiknya kita mengetahui faktor-faktor yang terlibat di dalamnya. Apa saja faktor-faktor tersebut?

Pembelajaran bahasa kedua akan lebih optimal apabila kita bisa memaksimalkan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa kedua.

Pertama, Motivasi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNi8IvMaK8iYRejzsaMOogdOok8jq_HGM4GlJbs0dFX_-WLuZddYGD8uE-L-bc8ICtuby_5tfsrMbSexS04nmSK_Nl_ai6YRrYEGKQo_CmiZL7-g43xbCqv_lFwYn1o7VNLucMgh5NzGHl/s1600/kata-motivasi-pagihari.png
sumber gambar: http://2.bp.blogspot.com
 Motivasi terbaik adalah motivasi diri kita sendiri. Hal-hal yang termasuk dalam motivasi adalah di bawah ini.
  • tujuan
  • dorongan
  • hasrat
  • kemauan/keinginan
  • alasan

Kedua, Lingkungan
Lingkungan ada dua yakni, lingkungan formal dan informal.  Krashen pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa lingkungan formal adalah hal di awah ini.

http://talisaramadayati.files.wordpress.com/2012/02/ara1.jpg
sumber gambar: http://talisaramadayati.files.wordpress.com
  • lingkungan tempat bersekolah dimana lingkungan itu dirancang
  • lingkungan yang artifisial
  • di lingkungan itu ada bagian pengejaran
  • tempat dimana diarahkan untuk adanya kegiatan yang berlangsung sesuai dengan aturan
Sementara itu, Dulay memberikan contoh untuk lingkungan informal ialah lingkungan dengan teman.

Tiga, Usia

http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/panjang-umur-ilustrasi-_110803150650-959.jpg
sumber foto: http://static.republika.co.id
Lambert pada tahun 1972 mengemukakan bahwa anak-anak punya kesempatan lebih terampil dan mampun untuk mempelajari bahasa. Paivo pada tahun 1981 pun menambahkan bahwa anak-anak ada pada umur yang kritis dalam mempelajari bahasa.

Empat, Kualitas Materi Pembelajaran dan Penyampaiannya

http://img.carapedia.com/images/article/toko%20buku%20online.jpg
sumber gambar: http://img.carapedia.com
Ketika bahan untuk pembelajaran disampaikan sealami mungkin, anak akan lebih mudah menyerapnya. Ada pun penyampaian secara formal akan lebih mempercepat penguasaan materi pembelajaranbagi anaka meski mereka memiliki kemungkinan kurang bisa mengaplikasikan pemahamannya dalam interaksi dengan lingkungan secara langsung.


Lima, Bahasa Pertama (B1)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixZP5piv3glhdn97Ohuf7YHJ1OxhP1cARxk2PXR9wj5khwllKsrTEivZ0dryM7TD_gePMzqcqglNL_rL4LDOqU_iSAyb5IpDNZ00s30x7WV7V4FAc2tIHXEegOF0NW6bxaGCU_kIFfvibb/s1600/bahasa-1.gif
sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com
Bahasa kedua akan lebih mudah dipelajari oleh seseorang apabila masih mirip atau berkerabat dengan bahasa ibunya atau bahasa pertama yang dia kuasai.


Nah, sudah jelaskan?

Barangkali ada faktor lainnya menurutmu kawan?


EmoticonEmoticon