MENGENAI CARA MEMBACA TABEL DAN GRAFIK

Ada baiknya, sebelum membahasa teknik membaca tabel dan grafik, kita mengenal terlebih dahulu pengertian keduanya.

Menurut KBBI, tabel adalah...

ta·bel /tabél/ n daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yg tersusun secara bersistem, urut ke bawah dl lajur dan deret tertentu dng garis pembatas sehingga dapat dng mudah disimak;


-- alfabetis tabel yg susunannya menurut abjad; indeks;
-- kode tabel untuk membuat kode (sandi) atau mencari arti kode;
-- naskah tabel yg biasanya berdasarkan rujukan;
-- periodik Kim susunan unsur kimia berdasarkan kenaikan nomor atomnya, unsur seperiode diletakkan dl garis mendatar dan unsur-unsur segolongan diletakkan dl kolom tegak;
-- referensi tabel yg berfungsi sbg sumber segala keterangan yg terperinci dan digunakan untuk penunjukan;

http://2.bp.blogspot.com/_Vt4Q5s4ZQjw/TVIz5BS5_xI/AAAAAAAACSY/RKK7Q60YMes/s1600/Tabel%2Bkomposisi%2BNira%2BPalma2.bmp
sumber tabel: http://2.bp.blogspot.com

me·na·bel·kan v menyusun (data) dl bentuk tabel; menempatkan ke dl tabel


Adapun  pengertian grafik ialah di bawah ini...

gra·fik n lukisan pasang surut suatu keadaan dng garis atau gambar (tt turun naiknya hasil, statistik, dsb)


http://4.bp.blogspot.com/-H_hQQ4NtfWo/TYKnu26MJdI/AAAAAAAADqM/iIoWASZgksQ/s320/grafik.jpg
sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com

Mari kita simpulkan...

Serupa dengan tabel, grafik ialah media visual yang biasanya sering dipergunakan untuk melakukan suatu penjelasan akan sebuah wacana. Grafik membantu menyampaikan info yang rumit/kompleks/banyak menjadi lebih sederhana/mudah untuk dipahami. Media visual yang satu ini bisa memberikan deskripsi akan sebuah informasi menjadi hal-hal di bawah ini.
  • mudah
  • menarik
  • jelas
  • efektif
Secara umum, grafik dipakai untuk perbandingan total data. Adapun dipergunakannya juga demi memperlihatkan fluktuasi sebuah jumlah yang meningkat dalam jangka waktu 5, 6, 10 tahun bahkan lebih. Dengan adanya grafik, media itu dapat membandingkan naik/turu sebuah total data agar lebih jelas. Selanjutnya, di bawah ini adalah tahapan membaca tabel/grafik.

Untuk membaca teknik apa yang digunakan dalam membaca tabel dan grafik secara umum maupun detail, berikut langkah-langkahnya...

Pertama: Bacalah Judulnya!

Membaca judul ialah suatu hal yang amat penting demi pemahaman atas isi secara generalisasi. Resapi isi judul dari tabel yang tengah Anda baca. Judul mewakili secara ringkas akan info/wawasan yang hendak  dibaca lebih lanjut kelak.


Dua: Bacalah Keterangannya!

Dimana keterangan berada. Pengamatan bisa diamati dalam aneka letak. Keterangan bisa berada di bawah, di atas, di pinggir, dan sisi-sisi lainnya. Keterangan yang ditampilkan bentuknya beragam, misalnya adalah seperti di bawah ini.
  • tahun
  • angka
  • persentasi
  • kotak untuk keterangan warna
  • simbol
  • dan lain-lain

Tiga: Pengajuan Pertanyaan!

Kita secara kreatif bisa mengajukan pertanyaan atas apa tujuan dari tabel atau grafik itu. Cara yang digunakan adalah sederhana. Anda dapat melakukan perubahan atas judul agar menjadi kalimat tanya, contohnya adalah meliputi hal-hal di bawah ini.
  • dimana
  • berapa jumlahnya
  • bagaimana perkembangannya
  • dan masih banyak lagi
Jawaban atas pertanyaan tadi tentu harapannya terdapat di dalam tabel/grafik yang kita baca.

Empat: Fokus akan Tujuan!

Pembacaan tabel/grafik tentu memiliki maksud. ketika tujuannya ialah untuk memperoleh infirmasi tertentu maka bacalah dengan fokus atas informasi yang diperlukan/dibutuhkan.
http://4.bp.blogspot.com/-Ggy8cKyKc7Y/TgWQSt38xnI/AAAAAAAAADs/mEMHm5Ny_Qc/s320/AKUsukaMEMBACA.jpg
sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com

Yang perlu diingat, dalam membaca, cara/teknik membaca untuk tabel dan atau grafik ini tergantung dari tujuan kamu. Apa bila kamu hendak mengambil kesimpulan secara umum dari tabel tersebut, maka kamu menggunakan teknik membaca skimming. Sebaliknya, kalau kamu menggunakan tabel atau grafik untuk mendapatkan informasi tertentu secara cepat (tidak keseluruhan) maka kamu menggunakan teknik membaca scanning.

Biasanya, kita diinstruksikan dalam pelajaran bahasa Indonesia untuk melakukan teknik membaca scanning dalam memperoleh informasi tertentu secara cepat.
loading...


EmoticonEmoticon