KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI)

KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah kamus resmi negara kita tercinta yang disusun oleh para ahli. Penyusunnya ialah Tim Penyusun Kamus dari Pusat Bahasa dan penerbitnya ialah Balai Pustaka. Kelebihan kamu ini adalah super lengkap, paling lengkap. Dengan begitu, kamus besar ini dijaikan kamus tertinggi karena selain lengkap juga akurat.

Dari tahun 1988 ke 2008, kamus ini telah direvisi tiga kali.  Edisi keempat pun muncul tahun 2008. Seiring kecanggihan teknologi, pada tahun 2008, disediakanlah KBBI daring. Kamu bisa mengaksesnya di alamat ini...


Kapanpun dan dimanapun! :) 

sumber foto: wikipedia.co.id
KBBI Edisi Kesatu

Kamus pertama kita yang merupakan edisi pertama adalah pengembangan dari Kamus Bahas Indonesia tahun 1983. KBBI kesatu ini terbit tahun 1988. Dalam kamus itu ada sekitar 62100 kata.

KBBI Edisi Kedua
Tahun 1991 terbitlah KBBi edisi kedua. Kamus ini ialah revisi dari edisi sebelumnya. Dimuat di dalamnya 72000 lema.

KBBI Edisi Ketiga
Kamus edisi ketiga diluncurkan tahun 2005. Bertambah 6000 lema dari edisi sebelumnya. Dendy Sugondo, selaku kepala Pusat bahasa mengemukakan bahwa kamus kali ini masih belum bisa memuat kata-kata lainnya. Untuk kosakata khusus alias istilah dalam bidang-bidang ilmu lain, dibuatlah kamus istilah.

KBBI Edisi Keempat
Isi dari KBBI yang ini adalah lebih dari 90000 lema. Ada pemerkayaan yang berasal dari kamus istilah. Susunan kamus ini didasarkan pada paradigma.

KBBI Edisi Kelima
Edisi kelima akan diterbitkan sekitar tahun 2013. Kata yang ditambah sekitar 2000 kata.


Sudahkan kamu menmperbarui koleksi kamus bahasa negeri kita?


EmoticonEmoticon