Strategi pengelolaan pembelajaran
merupakan komponen variabel metode yang berurusan dengan bagaimana interaksi
antara pebelajar dengan variabel-variabel metode pembelajaran lainnya. Strategi
ini berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang strategi pengorganisasian
dan strategi penyampaian tertentu yang digunakan selama proses pembelajaran.
Paling sedikit ada empat klasifikasi variabel strategi pengelolaan pembelajaran
yang meliputi (1) penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran, (2) pembuatan
catatan kemajuan belajar siswa, dan (3) pengelolaan motivasional, dan (4)
kontrol belajar.
Penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran
atau komponen suatu strategi baik untuk strategi pengorganissian pembelajaran
maupun strategi penyampaian pembelajaran merupakan bagian yang penting dalam
pengelolaan pembelajaran. Penjadwalan penggunaan strategi
pengorganisasian pembelajaran biasanya mencakup pertanyaan “kapan dan berapa
lama siswa menggunakan setiap komponen strategi pengorganisasian”. Sedangkan
penjadwalan penggunaan strategi penyampaian melibatkan keputusan, misalnya
“kapan dan untuk berapa lama seorang siswa menggunakan suatu jenis media”.
Pembuatan catatan kemajuan belajar
siswa penting sekali bagi keperluan pengambilan keputusan-keputusan yang
terkait dengan strategi pengelolaan. Hal ini berarti keputusan apapun yang
dimabil haruslah didasarkan pad ainformasi yang lengkap mengenai kemajuan
belajar siswa tentang suatu konsep, prosedur atau prinsip? Bila menggunakan
pengorganisasian dengan hierarki belajar, keputusna yang tepat mengenai
unsur-unsur mana saja yang ada dalam hierarki yang diajarkan perlu diambil.
Semua ini dilakukan hanya apabila ada catatan yang lengkap mengenai kemajuan
belajar siswa.
Pengelolaan motivasional merupakan
bagian yang amat penting dari pengelolaan inetraksi siswa dengan pembelajaran.
Gunanya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebagian besar bidang kajian
studi sebenarnya memiliki daya tarik untuk dipelajari, namun pembelajaran gagal
menggunakannya sebagai alat motivasional. Akibatnya, bidang studi kehilangan
daya tariknya dan yang tinggal hanya kumpulan fakta dan konsep, prosedur atau
prinsip yang tidak bermakna.
EmoticonEmoticon