Istilah pendekatan dalam pembelajaran
bahasa mengacu pada teori-teori tentang hakekat bahasa dan pembelajaran bahasa
yang berfungsi sebagai sumber landasan/prinsip pengajaran bahasa. Teori tentang
hakikat bahasa mengemukakan asumsi-asumsi dan tesisi-tesis tentang hakikat
bahasa, karakteristik bahasa, unsur-unsur bahasa, serta fungsi dan pemakaiannya
sebagai media komunikasi dalam suatu masyarakat bahasa. Teori belajar bahasa
mengemukakan proses psikologis dalam belajar bahasa sebagaimana dikemukakan
dalam psikolinguistik. Pendekatan pembelajaran lebih bersifat aksiomatis dalam
definisi bahwa kebenaran teori-teori linguistik dan teori belajar bahasa yang
digunakan tidak dipersoalkan lagi. Dari pendekatan ini diturunkan metode pembelajaran
bahasa. Misalnya dari pendekatan berdasarkan teori ilmu bahasa struktural yang
mengemukakan tesis-tesis linguistik menurut pandangan kaum strukturalis dan
pendekatan teori belajar bahasa menganut aliran behavioerisme diturunkan metode
pembelajaran bahasa yang disebut Metode Tata Bahasa (Grammar Method).
EmoticonEmoticon