Prinsip
belajar yang menekankan perlunya pengulangan adalah teori psikologi daya.
Menurut teori ini belajar adalah melatih daya-daya yang ada pada manusia yang
terdiri atas daya mengamati, menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan,
berfikir dan sebagainya.
Dengan mengadakan pengulangan maka daya-daya tersebut
akan berkembang, seperti halnya pisau yang selalu diasah akan menjadi tajam,
maka daya yang dilatih dengan pengadaan pengulangan-pengulangan akan sempurna.
Dalam proses belajar, semakin sering materi pelajaran diulangi maka semakin
ingat dan melekat pelajaran itu dalam diri seseorang.
Mengulang besar
pengaruhnya dalam belajar, karena dengan adanya pengulangan "bahan yang
belum begitu dikuasai serta mudah terlupakan" akan tetap tertanam dalam
otak seseorang.
Mengulang dapat secara langsung sesudah membaca, tetapi juga
bahkan lebih penting adalah mempelajari kembali bahan pelajaran yang sudah
dipelajari misalnya dengan membuat ringkasan. Teori lain yang menekankan
prinsip pengulangan adalah teori koneksionisme-nya Thordike. Dalam teori
koneksionisme, ia mengemukakan bahwa belajar ialah pembentukan hubungan antara
stimulus dan respon, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu
memperbesar peluang timbulnya respon benar
Home
definisi pengulangan pembelajaran
manfaat pengulangan
pembelajaran
pengulangan adalah
prinsip pembelajaran
prinsip-prinsip pembelajaran
tujuan pengulangan pembelajaran
PENGULANGAN SEBAGAI SALAH SATU PRINSIP PEMBELAJARAN
PENGULANGAN SEBAGAI SALAH SATU PRINSIP PEMBELAJARAN
Artikel Terkait
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon