Istilah teknik dalam pembelajaran
bahasa mengacu pada pengertian implementasi perencanaan pengajaran di depan
kelas, yaitu penyajian pelajaran dalam kelas tertentu dalam jam dan materi
tertentu pula. Teknik mengajar berupa berbagai macam cara, kegiatan, dan kiat
(trik) untuk menyajikan pelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Teknik pembelajaran bersifat implementasi, individual, dan situasional.
Saksomo (1983) menyebutkan teknik dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia antara lain (1) ceramah, (2) tanya—jawab , (3)
diskusi, (4) pemebrian tugas dan resitasi, (5) demonstrasi dan eksperimen, (6)
meramu pendapat (brainstorming),
(7) mengajar di laboratorium, (8) induktif, inkuiri, dan diskoveri, (9)
peragaan, dramatisasi, dan ostensif, (10) simulasi, main peran, dan
sosio-drama, (11) karya wisata dan bermain-main, dan (12) eklektik, campuran,
dan serta—merta.
EmoticonEmoticon