MANFAAT MENYIMAK

MANFAAT MENYIMAK


Manusia ialah makhluk sosial. Manusia hidup dalam lingkungan dan mereka membentuk kelompok. Hubungan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya, tentu memerlukan bahasa sebagai alat demi berkomunikasi. Faktanya, baik kalangan dulu/tradisional maupun kini/modern mempergunakannya. Dengan demikian, dalam suatu lingkungan, kita harus bisa menggunakan bahasa untuk berkomunikasi ditambah kemampuan menyimak yang baik agar bisa berinteraksi dengan orang lain.
Kata yang pertama disimak, sebenarnya memiliki pengaruh dalam keterampilan bahasa karena memberikan perkembangan akan kemampuan berbicaranya. Hal-hal itu adalah di bawah ini.
  • beragamnya kosa kata
  • penggunaan intonasi dalam pengucapan
  • pola/struktur dalam percakapan/kalimat
Dengan begitu, banyak yang memberikan kesimpulan bahwa keterampilan menyimak memiliki keterkaitan secara langsung mamupun tidak langsung dengan keterampilan bahasa lainnya.

      Setiawan (Niniek, 2004: 51) mengemukakan bahwa manfaat-manfaat menyimak kurang lebih adalah di bawah ini.

A. Penambahan wawasan beserta pengalaman kehidupan yang  bernilai bagi kemanusiaan. Hal itu karena menyimak mempunyai aspek informasi, yakni pemberian berupa banyak masukan yang membuat kita menjadi lebih pengalaman.

B. Peningkatan kecerdasan dan pedalaman untuk menghayati ilmu dan khasanahnya. Hal itu bisa membuat kosakata lebih kaya lagi, adanya penambahan bendahara pengungkapan yang benar, memiliki mutu tinggi, hingga kepuitisan. dengah hal-hal itu, seseorang bisa berinteraksi/mengkomunikasikan maksudnya dengan kelancaran dan kevariatifan bahasa apabila kita membandingakannya dengan seseorang lainnya yang lebih jarang menyimak.

C. Perluasan atas pengetahuan, peningkatan menghayati kehidupan, dan pembinaan atas sikap terbuka dan tidak selalu subjektif.

D. Peningkatan rasa peka dan peduli dalam lingkungan sosial. Hal itu karena menyimak membuat kita kenal akan segala hal kehidupan berikut dimensi hidup itu sendiri. Seseorang bisa merenung atas nilai-nilai kehidupan ketikan materi simakan itu bagus. Dengan begitu, ia tergugah melakukan pemecahan permasalahan.

E. Peningkatan kesan seni bila simakan itu materinya berisikan hal yang lembut dengan bahasa yang unik atau menarik. Menyimak bisa menyuburkan sikap-sikap di bawah ini.
  • apresiatif atas segala hal
  • penghargaan atas suatu karya/produk
  • penghargaan atas pendapat/masukan/kritik dari pihak lain
  • peningkatan selera seni
F. Peningkatan kreatif demi menghasilkan pengajaran/tulisan yang asli dengan adanya ide yang baru dan bagus.

G. pengobaran semangat untuk memproduksi karya-karya yang orisinal berdasarkan kekreatifan.


EmoticonEmoticon