Kondisi pembelajaran adalah faktor yang
mempengaruhi efek metode dalam meningkatkan hasil pembelajaran (Salamun, 2002).
Kondisi ini tentunya berinteraksi dengan metode pembelajaran dan hakikatnya
tidak dapat dimanipulasi. Berbeda dengan halnya metode pembelajaran yang
didefinisikan sebagai cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran
yang berbeda di bawah kondisi pembelajaran yang berbeda. Semua cara tersebut
dapat dimanipulasi oleh perancang-perancang pembelajaran. Sebaliknya, jika
suatu kondisi pembelajaran dalam suatu situasi dapat dimanipulasi, maka ia
berubah menjadi metode pembelajaran. Artinya klasifikasi variabel-variabel yang
termasuk ke dalam kondisi pembelajaran, yaitu variabel-variabel mempengaruhi
penggunaan metode karena ia berinteraksi dengan metode danm sekaligus di
luar kontrol perancang pembelajaran. Variabel dalam pembelajaran dapat
dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu (a) tujuan dan karakteristik bidang
stuydi, (bahasa) kendala dan karakteristik bidang studi, dan (c)
karakteristik pebelajar.
EmoticonEmoticon