Bahasa
Indonesia mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.
Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara ia berfungsi sebagai bahasa
pengantar di lembaga-lembaga pendidikan, sebagai pengembang kebudayaan, sebagai
pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sebagai alat perhubungan dalam
kepentingan pemerintahan dan kenegaraan. (St. Y. Slamet 2008:5).
Berhubungan
dengan hal itu maka perlu adanya suatu pembelajaran Bahasa Indonesia. Secara
keseluruhan mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD berfungsi untuk mengembangkan
kemampuan bernalar, berkomunikasi, dan mengungkapkan pikiran dan perasaan,
serta persatuan dan kesatuan bangsa.
Pengajaran bahasa Indonesia bertujuan
untuk mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia dalam segala
fungsinya, yaitu sebagai sarana komunikasi, sarana, berpikir/bernalar, sarana
persatuan, dan sarana kebudayaan. (Sabarti Akhadiah M.K., Maidar G. Arsjad,
Sakura H. Ridwan, Zulfahnur Z.F., Mukti U.S. ,1991:10)
Kemudian pembelajaran
Bahasa Indonesia juga mempunyai sasaran, “Sasaran pembinaan bahasa Indonesia
bagi siswa SD ialah (1) agar siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang
baik dan benar, (2) dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia”. (Sabarti
Akhadiah M.K., et al, 1991:11).
Home
hakikat pembelajaran bahasa indonesia
hakikat pembelajaran bahasa indonesia adalah
pembelajaran
pembelajaran bahasa indonesia
pembelajaran bahasa indonesia adalah
HAKIKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
HAKIKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Artikel Terkait
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon