DEFINISI SOSIOLINGUISTIK MENURUT PARA PAKAR


Assalamualaikum Sahabat Bahasa!

Kali ini, posting-an yang saya tulisan adalah pengertian sosiolinguistik menurut para pakar.

a. Kridalaksana (1978: 94)
Sosiolinguistik lazim didefinisiksn sebagai ilmu yang mempelajari ciri dan berbagai variasi bahasa di dalam masyarakat bahasa.

b. Nababan (1984: 82)
Perngkajian bahasa dengan dimensi kemasyarakatan.

c. Fishman (1972)
Sosiolinguistics is the study of the caracteristics of language varieties, the carakteristics of their functions,and the characteristics of their speakers as these three constlantly interact, change and change one another within a speech community.
Artinya, sosiolinguistik adalah kajian tentang ciri khas variasi bahasa, fungsi–fungsi variasi bahasa, dan pemakai bahasa karena ketiga unsur ini selalu berinteraksi, berubah, dan saling mengubah satu sama lain dalam satu masyarakat.


d. Appel, dkk. (1976: 10)
Sociolinguistyiek is de studie van tall en taalgebruik in de context van maatschapij en kultuur.
Artinya, sosiolinguistik adalah kajian mengenai bahasa dan pemakaiannya dalam konteks sosial dan kebudayaan.

e. G, E. Booij, J. G. Kersten, dan H. J Verkuyl (1975: 139)
Sociolinguistiek is subdisiplin van de taalkunde , die bestudert welke social faktoren een rol nspelen in het taalgebruik er welke taal spelt in het social verkeer.
Artinya, sosiolinguistik adalah subdisiplin ilmu bahasa yang mempelajari faktor-faktor sosial yang berperan dalam penggunaan bahasa dan pergaulan sosial.

 f. C.Criper dan H.G.Widdowson dalam J.P.B Allen dan S.Piet Corder (1975: 156)
Sosiolinguistcs is the study of language operation, it’s purposeis to investigatehow the convention of the language use relate to other aspects of social behavior. 
Artinya, sosiolinguistik adalah kajian bahasa dalam penggunaannya, dengan tujuan untuk meneliti bagaimana konvevsi pemakaian bahasa berhubungan dengan aspek-aspek laindari timgkah laku sosial.

g. Nancy Parrot Hickerson (1980: 81)
Sosiolinguistics is a developing subfield of linguistics which takes speech variation as it’s focus, viewing variation or it social context.
Sociolinguistics is concerned with the correlation between such social factors and linguistics variation. 
Artinya dalam Bahasa Indonesia: sosiolinguistik adalah pengembangan subbidang yang memfokuskan penelitian pada variasi ujaran, serta mengkajinya dalam suatu konteks sosial.
Sosiolinguistik meneliti korelasi antara faktor-faktor social itu dengan variasi bahasa.






loading...

1 komentar so far


EmoticonEmoticon