Belajar dan mengajar bahasa Indonesia diberlakukan untuk memberikan peningkatan kemampuan siswa dalam keterampilan berbahasa berikut ini.
- keterampilan menyimak
- keterampilan berbicara
- keterampilan membaca
- keterampilan menulis
Empat keterampilan bahasa di atas mempunyai karakter yang tidak sama. Karena hal tersebut, maka seorang guru dituntut agar fasih, cerdas, dan kreatif dalam menerapkan hal-hal di bawah ini pada para siswa.
- pendekatan
- metode
- model
- teknik
- strategi
sumber gambar: http://nurpriyanto.blogspot.com |
Seiring perkembangan zaman, kelima hal di atas pun semakin beragam dan banyak pilihannya. Perlu diingat, tidak ada satu pun dari pendekatan, metode, model, teknik, dan strategi yang sempurna. Akan tetapi, pilihlah yang paling cocok dengan kondisi, situasi, dan karateristik para siswa. Jangan lupa, sesuaikan dengan materi ajar beserta fasilitas yang ada termasuk lingkungan sekolah.
Untuk hasil yang optimal, seorang pengajar memang perlu cermat dalam penyusunan RPP, penilaian, evaluasi, dan ruang lingkup pembelajaran lainnya.
Untuk hasil yang optimal, seorang pengajar memang perlu cermat dalam penyusunan RPP, penilaian, evaluasi, dan ruang lingkup pembelajaran lainnya.
EmoticonEmoticon