TIPS BERTEMU DENGAN TEMAN DUMAY (dunia maya)



Tiba-tiba pengen ngetik sesuatu.
Hm.. Pasti di antara kalian ada yang pernah ketemu temen dunia maya kan? Entah itu dari Facebook, Friendster, Twitter, atau media sosial lainnya. Bisa juga dari aplikasi chatting seperti Nimbuzz, Mig33, dan sebagainya.
Aku jadi teringat orang pertama yang ketemuan gara-gara awalnya chat di dunia maya. Waktu itu aku masih polos dan belum kuliah. Aplikasi yang aku gunakan adalah... Rahasia :D
Sebut saja namanya Si Andi. Aku kenal dia di chat. Kami masuk nama room sebuah kota. Dikiranya, aku itu laki-laki. Katanya, kenapa nick-ku seperti laki-laki. Kemudian, aku jawab...yah pengen aja. Sebenarnya, waktu itu males banget chatting sama dia. Garing banget ketikannya kalo ngelucu. Aku balas Hahaha, padahal boro-boro ketawa, ngantuk berat yang ada -_-
Waktu pv… Ketikannya kayak gini kira-kira.
And : Kamu dulu sma mana?
Saya : 1
And : 1 ?
Saya : y
And : Boong yah
Saya : Yaudah kalo gk prcya
And : Km psti ngaku2 az
Dari situ, aku merasa geuleuh dan bete sama dia. Nggak percayaan banget, buat apa ngaku-ngaku kan? Trus nggak aku bales lagi da keburu bad mood.
And : Kalau anak smansa buktiin, kmu kelas mana, ipa atw ips atw bhasa? Ayo ktemuan, buktiin.
Saya : Ngga rugi mw d sangka anak sma mna aja bwt aku
And : Kmu ce atw co? kuq dingin
Saya : Banci
And : Kmu tau aku lebih tua dri kmu?
Saya : Ngga
And : Ayo ktemuan
Saya : …
And : Kmu jutek?
Saya : Bkn cm jutek, tp jg jelek n gk asik mding gk ush ktmu
Langsung saja Si Andi nge-plud menggunakan emot mewek, wah lebay banget ni orang pikirku. Trus masih ala plud juga dia minta nomor hp.
Karena males aku off aja. Dan terus berlangsung diplud emot mewek kalo aku barengan online.
Akhirnya…
Aku kasih nomor hp yang jarang dipake karna dia blg dia nggak akan plud dan ngajak ketemuan lg.
Bayangan aku tentang dia itu anak kecil, paling maksimal juga seumuran.

Nggak tahu sejak kapan kami smsan nanya-nanya apa kek, apa aja diomongin.
Dari gimana nilai ulangan, lagi ngapain lah...
Ngga penting-pentinglah.
Aku anggap dia kayak adekku saat itu. Aku emang gaje tapi dia lebih gaje.
SMSnya dia kayak gni: Uh, aq jatuh nich pasz tdi maen bola, sakid!!
Aku nggak tau mau bales apa. Apa mesti purapura prihatin atau: Hahaha rasain lu!?
atau: Mas kok alay?
Ih kayak anak kecil, yang gini aja pake dibilang-bilaaang, gitu pikirku.
Hmmmmm
Lama-lama aku ngerasa ngga adil. Dia tau namaku, aku anak mana, alumni mana, dan sebagainya sedangkan aku?!
Ngga tau dia itu kaya gimana, potonya aja remang-remang dipajang diprofilnya.
Kayaknya,
taktik dia berhasil dan pas udah lama ngga ngebahas ketemuan
akhirnya dia ngajak ketemuan lagi.
Well...
Kami pun janjian buat ketemuan...
Waktu itu sore-sore, aku udah nongol duluan, dia belum datang.
Aku parkirkan motor lalu aku duduk. Sesekali aku melirik jam. Wah jangan2 aku dikerjain, ah kampret. Atau jangan-jangan... dia cuma liatin dari jauh sambil ngetawain aku, oh no! Oh embung! Oh, urang kaduhung!
Tapi telat, aku sudah terlanjur ada di tempat ketemuan.
Aku... Kenapa tiba-tiba gemetaran. Pengen pipis. Tapi pipis dimana? Dibawah pohon? Ah jangan gila dong… Tiap ada orang yang ngelewat aku jadi parno duluan.
Itu bukan yah orangnya?
Eh, aku harus pasang ekspresi kaya gimana? Mikir-mikir itu bikin aku makin sakit perut.
Yah, kayak mau dites pelajaran seni budaya yang nyanyi atau nari di depan kelas (hal-hal yang memerlukan tekad dan gak aku kuasailah). Rasa sakit perutnya kayak gitu. Aku meluk helm menahan sakit perut.
Tiba-tiba tepat di depanku muncul pengendara motor yang langsung memarkirkan motornya.
“Hai” seseorang menyapa.
Oh tenyata ini orangnya..
Sumpah aku ngga tau mesti gimana. Mau ke wc rasanya.
Kayaknya dia lebih tua dari aku!
Aku mati kutu.
Aku waktu itu acak2an banget. Pake jaket sama celana panjang biasa. Terus ya gitu kenalan. Aku udah kaku aja kayak mumi, tapi dia ketawa terus liat ekspresi aku kayak gitu.
Cuma satu kata: STUCK.
Ah, biarinlah paling bentar ini ketemunya lagian waktu itu udah jam 5 lewat. Eh, dodol malah ngajak makan. Dianya gaya, akunya acak adut.
Aku menolak halus dengan berdalih masih kenyang dan harus segera pulang sebelum magrib.
“Eh, Aa nggak punya pesbuk, bikinin dong” ujarnya
“Yang bener?"
“Iya… Aa gaptek”
"Hmm..."
Aku pikir bikin pesbuk nggak akan lamalah, paling cuma sebentar dua bentar doang. Akhirnya kami pergi ke warnet.
Singkat kata, kami tiba dan mengetik biodata dia yang buat daftar itu.
Tiap dia jawab malah jawab biodata aku terus kayak tanggal lahir, email pun pengen disamain. Aku jadi merasa nggak enak dihapal sama dia. Katany,a dia baca diprofil aku. Aku cuma bilang oh-oh aja, sambil sesekali nanya balik.
Sebelum aku sempat mau nanya dia kuiahl atau kerja, eh, dia malah motong duluan.
“De, aa mau bilang sesuatu…”
“Apa?”
“Aa ni sebenarnya tukang ojeg… Heheheh…”
Aku berusaha tidak kaget sambil datar kayak biasa bilang ooh.
Sudah beres itu dia minta diajarin nge-add dsb gitu. Yah aku ajarin aja sekalian dan aku jelasin sebisanya.
Pas bayar biaya warnet. Kami malah cekcok. Dia ngga mau dibayarin begitupun aku.
Akhirnya sambil berebut tangan si penjaga warnet dia berhasil mengalahkan aku.
Dia yang bayar.
Si penjaga warnet cuma cengengesan liat kelakuan kami. Di luar kami masih saja berantem karena dia nggak mau aku ngeganti uangnya. Akhirnya, aku berhenti bilang untuk bayar setengahnya karena dipikir-pikir malu dilihat orang disangkanya kami berantemin apaan.
Strange.
“Nanti lain kali kalo ketemu lagi jangan bawa motor yah, biar aa anterin kamu pulang”
“Ngga ah, ngga enak ngerepotin orang lain”
Setelah itu kami cekcok lagi gara-gara nggak ada yang mau maju duluan.
“A, duluan aja”
“Kamu aja, cewek duluan”
“Yang tua duluan”
“Kamu cewek jadi duluan”
“…”
akhirnya aku melaju duluan.
Di bunderan, kami berpapasan dan dia berkata dadah.
Sampai ke rumah aku langsung nyamber hape, buka FB, pengen ngetik status tentang ketemuan tadi…
Apa yang harus aku ketik?
Apa gini: Baru ketemuan sama tukang ojeg, yeah tidak disangka2!
alahh lebay, pikirku -_-
Lalu, sebelum aku ketik apa-apa, aku melihat ada friend request. Pas aku liat dan accept
ternyata si aa yang tadi. Aku baca profilnya ternyata dia bukan tukang ojeg tapi mahasiswa.
Langsung aku sms: katanya ngga punya FB? Katanya tkg ojek? -_-?
Dia cuma bales: Hahaha, eh masih inget ekspresi ade pas tadi pertama ketemu, bikin ngakak aslina
Kemudian… kami ketemuan lagi dan kelanjutannya nggak bisa aku ceritakan, wwkwk! :D
Agt10 (semoga orang yang ku tulis gak baca cerita ini, hh, amiiinnnn :D)
Mungkin di antara kalian juga ada yang pernah ketemuan dengan orang dumay (dunia maya) dengan kisah yang seru. Atau kalian baru merencanakan bertemu dengan seseorang?
Mengenal orang baru memang menyenangkan. Tapi... jangan lupa ya, banyak juga kasus kejahatan karena teman dumay. Saya pun mendengar dari teman-teman bahwa tidak semua kisah ketemuan itu fun. Ada pula yang kena tipu. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum bertemu ^_^

Nah... itu tadi adalah cerita berdasarkan pengalaman nyata seseorang yang bertemu dengan teman dunia maya.

Tips untuk kalian yang hendak ketemuan adalah ini...

1. PASTIKAN ORANG SEPERTI APA YANG AKAN KAMU TEMUI
banyak tuh di berita orang-orang yang ditipu bahkan jadi berujung kriminal..
amit-amitkan?
oleh karena itu, cari info tentang dia yang jelas
bila perlu, selidiki mutual friend nya.. siapa tahu dia adalah teman dari teman kamu
jadi kamu bakal mudah untuk tahu gambaran tentang dia
gunakan juga feeling kamu
jangan lupa meminta saran dari teman dan sahabat kalau kamu masih ragu atau ada hal yang mencurigakan menurut kamu tentang calon kopdar itu.

2. JAUHKAN NIAT UNTUK CARI JODOH KARENA BISA SAJA ADA YANG PATAH HATI
"niat gue mw cari jodo..."
"mudah2an cakep..."
"fotonya cakep, aslinya pasti..."
hindari pemikiran seperti itu.
tujukan bahwa kamu bertemu dia untuk mempererat silaturahmi atau menambah teman.
kalau pun akhirnya jadian, anggap saja itu bonus :D
hal yang menyedihkan adalah kamu suka sama dia tapi dia enggak, bahkan misalnya dia kabur ketika ketemuan gara2 kamu tidak seperti yang dia harapkan atau sebaliknya. So, tuluslah berteman.. :)

3. BERPENAMPILAN SOPAN DAN DI SESUAIKAN DENGAN TEMPAT KETEMUAN
Kamu mau pake celana jeans bolong2? Bagus... Ingat, harus sopan... lihat konteksnya.  Siapa tahu yang kamu kunjungi adalah kantor si dia bekerja. So, jangan lupa tuk mengetahui apakah tempat tersebut itu kantor, kafe, pantai, rumah, atau apa.
Kalau bisa sesuaikan juga dengan si dia. Barangkali si dia super alim, janganlah kamu pakai baju seksi... Nanti si dia nunduk terus sambil istigfar :D

4. JADI DIRI SENDIRI TAPI JANGAN LEBAY
Be your self emang penting...
Tapi jangan lebay.
Lebay itu sesuaikan sama siapa
Kalau sama temen geng kamu silahkan saja mau lebay mau menggelinding atau ketawa pake toa.
Siapa tahu dia kagetan atau belum siap melihat kelebayan kamu, lho.

5. ATUR WAKTU DAN TEMPAT YANG BAIK
Masih menyesuaikan dalam berbagai hal yaitu tetap berhubungan dengan si dia.
Ajak ke temapat yang strategis dan menyenangkan untuk kalian berdua.
Tempat yang rileks dan membuat kalian nyaman untuk bercengkrama bahkan mengenal satu sama lain.

6. TIDAK BOLEH MEMAKSA ORANG
tidak boleh memaksa dalam hal:
- tempat dan waktu
- harus datang sendiri (suka2 dia, mau ngajak temen apa bapaknya)
- harus bayarin makanan kamu (ini gila)
- harus jadi pacar kamu (ini kamu bisa dijauhin sekaligus ditangkap pacarnya :D --> doi dah punya pacar ternyata)

7. PERCAYA DIRI TAPI JANGAN NARSIS

8. MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LAWAN BICARA

9. SALING MENGHARGAI

10. TETAP BERTEMAN MESKI MENURUT KAMU DIA BUKAN TIPE KAMU (LIHAT POIN 2)


EmoticonEmoticon